BannerDepan

1.120 Rumah Tak Layak Huni di Muna Keciprat Dana Peningkatan Kualitas Bangunan dari PUPR

Muna, Sultrapost.ID – Ribuan rumah yang masuk dalam kategori tidak layak huni di Kabupaten Muna, Provinsi Sultra mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bangunan rumah bagi masyarakat yang memiliki hunian tak layak huni dan berpenghasilan rendah. Dimana kabupaten Muna mendapat jatah terbanyak dari program BSPS yakni 1.120 rumah.

Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sultra, Eka Rahendra menyampaikan, Dana anggaran yang disiapkan mencapai 19,6 Miliar dan nantinya akan dipergunakan merehap rumah yang tidak layak huni. Setiap penerima BSPS berhak menerima 17,5 juta rupiah dengan rincian 15 juta untuk material dan 2,5 juta diperuntukan biaya tukang.

“Untuk pencairannya kita bekerja sama dengan Bank Sultra lewat buku tabungan dengan isi saldo sebesar 17,5 juta rupiah,” ujarnya saat memberikan sambutan di acara Sosialisasi dan Serah Terima Buku Tabungan BSPS Di SOR La Ode Pandu Raha, Kabupaten Muna, Senin, 8 Juli 2018.

Kata dia, dalam penerimaannya nanti, setiap penerima bantuan didampingi fasilitatornya sedangkan pelaksanannya diserahkan langsung oleh masyarakat.

“Tahun ini anggarannya naik yang sebelumya 15 juta menjadi 17,5 juta,” sebutnya.

Sementara itu, Kejati Sultra, Sugiatno Migano selaku TP4D menyampaikan, pihaknya akan terus mengawasi penggunaan anggaran ini. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar anggaran tersebut dipergunakan sesuai kebutuhannya.

“Bila menerima material ada baiknya ada berita acara dan dokumentasi,” pungkasnya.

Diketahui Sulawesi Tenggara jumlah penerima BSPS 5.000 unit, terbanyak di kabupaten Muna dengan jumlah 1.120 yang tersebar di 18 Kecamatan dan 56 Desa/Kelurahan.

Laporan: Ison

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.