BannerDepan

Empat Fraksi di DPRD Bombana Setujui Raperda Perubahan APBD Pemda Untuk Dibahas

Bombana, Sultrapost.id – Setelah penyampaian pidato pengantar Bupati Bombana  tentang perubahan APBD dan Raperda yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana tahun 2018, 24 September kemarin, kini giliran penyampaian pandangan umum oleh empat Fraksi.

Dalam paripurna tersebut, masing-masing fraksi yakni, fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), fraksi Partai Amanat Nasional (PAN Bersatu), fraksi Golkar Bersatu dan fraksi Perjuangan Restorasi Nurani menyetujui Raperda perubahan APBD dan Raperda  yang bersumber dari Pemkab Bombana tahun 2018.

Seperti pandangan umum fraksi PPP yang disampaikan oleh Makmur. Dimana pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) Baombana yang masih menganut prinsip optimalisasi, efisiensi efektifitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangannya.

“Kami tetap member support kepada Pemda atas segala upaya yang telah dilakukan demi kemajuan Bombana. Namun kami juga meminta kepada Pemda, agar dalam penerapan program nantinya, tetap memperhatikan asas keadilan dan pemerataan di tiga pilar di Kabupaten Bombana yakni, Rumbia, Poleang dan Kabaena,” ungkapnya.

Sebab kata dia, dalam konteks tiga pilar itu, fraksi PPP akan selalu berdiri disisi pengawasan sebagai salah satu tugas DPRD. Begitu juga dengan Raperda yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana tahun 2018 ini. Dimana fraksi PPP akan selalu berada pada posisi nomor satu dalam hal dukungan.

“Dalam hal mendukung, kami akan selalu berada pada posisi nomor satu. Karena pada dasarnya, segala upaya yang bertujuan untuk perubahan bombana yang lebih baik kami akan selalu berada pada posisi nomor satu. Sehingga kami berharap agar pembahasannya dapat berjalan aman dan cepat,” tutupnya.

Begitu pula pandangan umum ketiga fraksi lainnya, juga menyetujui Raperda perubahan APBD dan Raperda  yang bersumber dari Pemkab Bombana tahun 2018.

Menjawab pandangan umum empat fraksi, Bupati Bombana melalui pidatonya yang disampaikan oleh Asisten I Setda Bombana Mahyudin, mengaku sangat berterima kasih atas persetujuan fraksi terhadap Raperda perubahan APBD dan Raperda yang bersumber dari Pemkab Bombana tahun 2018 ini.

“Secara umum seluruh fraksi menyetujui Raperda tersebut untuk dibahas bersama Pemda sebelum ditetapkan menjadi Perda sesuai dengan mekanisme. Meski pada umumnya seluruh fraksi menyoroti tentang penyesuaian target pendapatan daerah dan tambahan alokasi anggaran belanja dalam Raperda APBD tahun ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, pada PAD yang terkait dengan penerimaan pajak daerah, khususnya pada beberapa pos pendapatan seperti, pajak bumi dan bangunan dalam APBD induk tahun ini, telah dimasukan. Namun setelah dilakukan pendataan ulang obyek pajak tersebut, baru dapat dilaksanakan Bulan September. Sehingga hasil pendapatan tersebut baru akan diberlakukan pada tahun 2019 nanti.

“Hal ini disebabkan, penerapan pajak yang langsung diterapkan di masyarakat membutuhkan tahapan sosialisasi. Sedangkan dari sisi pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, penyesuaian target dilakukan mengingat realisasi PAD dari pendapatan deviden pada Bank Sultra mengalami penurunan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pPemda sependapat dengan pandangan umum fraksi yang menyampaikan agar perubahan anggaran belanja dibatasi beberapa criteria saja.

Laporan: Aidil.

 

 

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.