25 Anggota DPRD Bombana Ikut Orientasi

Bombana, Sultrapost.ID – Setelah dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana pada 1 Oktober 2019 kemarin, 25 anggota dewan kini mengikuti orientasi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provins Sultra, Senin 22 Oktober 2019 ini bertujuan untuk menyamakan visi antara eksekutif dan legislatif dalam kerangka pembangunan daerah.

Anggota DPRD Kabupaten Bombana saat mengikuti orientasi

Ketua DPRD Bombana, Arsyad mengatakan kegiatan orientasi ini merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh setiap anggota dewan baik yang baru maupun petahana yang baru saja dilantik.

“Kegiatan orientasi ini sangat penting dan strategis. Karena anggota DPRD, disamping merupakan representasi dari masyarakat juga sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kata dia, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan bagi anggota DPRD yang dilandasi pengabdian, integritas dan etika, dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

“Dalam orientasi ini kami diberi pengenalan pendalaman tugas, fungsi, wewenang dan hak anggota DPRD,” jelasnya.

Untuk itu lanjutnya, kegiatan ini snagat penting bagi anggota dewan. Karena DPRD dengan pemerintah daerah adalah dua lembaga yang harus saling melengkapi dalam menjalankan roda pembangunan di daerah.

“DPRD harus dapat menjadi partnership pemerintah demi membangun kemaslahatan masyarakat,” lanjutnya.

Terlebih lagi kondisi masyarakat yang semakin berkembang dan mempunyai ekspektasi yang tinggi kepada pemerintah daerah. Sehingga eksekutif dan legislatif harus bekerja secara cepat, cerdas, tuntas dan tepat dalam melaksanakan roda pembangunan dan pelayanan publik.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.