5 Warga di Muna Terindikasi Positif Terpapar Covid-19

Muna, Sultrapost.ID – Berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid Tes Serologi terhadap 12 warga Muna yang masuk dalam kelompok prioritas, lima diantaranya terindikasi positif terpapar Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Jubir tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muna, dr. LA ode Ahmad Wahid Agigi. Kata dia, dari hasil Rapid Tes ada lima warga yang terindikasi positif terpapar virus berbahaya tersebut.

“12 kelompok prioritas diantaranya 2 orang OTG, 6 orang PDP dan 4 orang ODP. Hasilnya, dari 2 OTG :1 positif,  6 PDP : 2 positif, 4 ODP : 2 Positif ,” Sebutnya, Rabu 8 April 2020.

Namun lanjutnya, hasil ini tersebut belum bisa di katakan final, karena masih harus dipastikan melalui pemeriksaan gold standar yaitu real-time PCR dari sampel swab nasofaring (Nof) yang akan dilakukan langsung oleh tim Gugus Tugas Provinsi Sultra dalam waktu dekat ini. Kemudian sampel swab NOF tersebut akan dikirim ke BBLK Makassar atau Balitbang Jakarta.

“Pemeriksaan Rapid Test Covid-19 di Muna menggunakan sampel darah vena, bukan darah dari tusuk jari atau darah kapiler.Dengan  metode ini diharapkan hasilnya lebih dapat dipercaya,” sebutnya

Pihaknya pun berharap masyarakat lebih memaksimalkan Pembatasan Sosial (Social Distancing) atau Jaga Jarak (Physical Distancing), Berperilaku hidup bersih dan sehat. Ia juga menganjurkan bagi masyarakat yang memiliki keluarga dari daerah/negara terjangkit segera menyarankan untuk isolasi diri selama 14 hari dan segera melapor ke puskesmas terdekat.

“Tidak boleh panik namun tetap waspda. Mari kita ikut berpartisipasi bersama memutus rantai penularan Covid-19 ini,” pungkasnya

Laporan: Ison
Editor: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.