Ahlan, Pimpin Pangguyuban Mahasiswa Bombana di Yogyakarta

Yogyakarta, Sultrapost.ID – Melalui Musyawarah Besar (Mubes), Ahlan Khairun terpilih sebagai pemimpin baru organisasi pangguyuban mahasiswa Bombana di Yogyakarta.

Organisasi tersebut bernama Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Bombana (IKAPERMAB). Ia menahkodai lembaga ini terhitung mulai tahun 2020 hingga tahun 2021. Mubes berlangsung di Balai Kebrokan, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, tanggal 26 sampai 28 Januari 2020.

Dalam Mubes, Ahlan bersaing dengan 3 kandidat lainnya yaitu Abdul Rahman Karim, Firawati, dan Runiyanto.

Setelah terpilih, langkah pertama yang akan dilakukan oleh putra asli Tangkeno ini akan fokus melakukan rekonsiliasi, dengan merangkul mahasiswa Bombana yang tidak terhimpun dalam IKAPERMAB, demi membangun emosional antara sesama warga Bombana.

Mahasiswa yang sedang menyandang status mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga ini menegaskan, IKAPERMAB Yogyakarta akan berperan aktif menjadi benteng utama kebudayaan Bombana di Yogyakarta, dalam hal ini akan bekerja sebagai mitra pemerintah untuk memperkenalkan budaya Bombana, propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kita juga akan pro aktif dalam mengawal dan menanggapi isu isu sosial, ekonomi dan budaya di Indonesia khususnya di Bombana, sebagai basis cultural Organisasi IKAPERMAB,” jelasnya saat di konfirmasi Via WhatsApp, Selasa, 28 Januari 2020.

“Selain itu, kita akan melengkapi database pelajar dan mahasiswa Bombana yang melanjutkan studi di Daerah Istimewa Yogyakarta,” tambah Ahlan.

“Membentuk SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkompeteten dan berintegritas, meningkatkan peran aktif mahasiswa Sultra dalam berorganisasi, menyalurkan bakat, melestarikan kebudataan dan kepedulian terhadapap masyarakat serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, pemerintah, serta lembaga organisasi masyarakat kedaerahan lainnya.” lanjut Ahlan.

Terpisah Fendy, ketua umum periode sebelumnya juga berpesan, setiap kader harus memiliki jiwa IKAPERMAB yang tinggi, rasa tanggung jawab dan kekeluargaan yang solid.

“Harapan terbesar saya adalah, kelak kader kader terbaiklah yang menjadikan penerus IKAPERMAB selanjutnya,” tutupnya.

Ahlan juga berharap, kader IKAPERMAB selalu membangun sinergitas dan harmonisasi sesama warga Sultra di Yogyakarta.

“Selain itu para kader sangat diharapkan selalu tanggap dalam merespon serta kritis terhadap fenomena sosial. Dari segi keilmuan, akan di dibentuk lembaga kajian yang secara khusus menjadi wadah bagi para mahasiswa yang haus akan ilmu pengetahuan baik budaya, sosial, ekonomi dan politik serta lingkungan hidup. Dan yang tak kalah pentingnya kami akan membangun komunikasi dengan Pemkab Bombana, karena IKAPERMAB Yogyakarta merupakan bagian dari generasi harapan masa depan Bombana, namun sudah 1 dekade lebih organisasi ini didirikan oleh Bang Ardy Ansyar. S, belum pernah sekalipun mendapat bantuan dari Pemkab Bombana, baik berupa bantuan finansial maupun berupa beasiswa pendidikan.” tutup Ahlan.

Sumber: Rilis IKAPERMAB Yogyakarta
Editor: AA

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.