BannerDepan

Ali Mazi Bekukan Sementara IUP di Konkep

Kendari, Sultrapost.ID – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi kini telah membekukan sementara waktu 15 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di kabupaten Konawe Kepulauan.

Ini dilakukan sebagai bentuk respon Pemerintah Propinsi (Pemprov) Sultra atas tuntutan masyarakat Konkep dan mahasiswa saat menggelar Unjuk Rasa (Unras) di kantor gubernur Sultra, dalam rangka meminta sejumlah IUP di Konkep untuk dicabut.

“Ada 18 IUP di Konkep hanya saja tiga IUP sudah game over, tinggal 15 lagi yang masih aktif namun belum beroperasi,” ungkap Ali Mazi saat konfrensi pers di rumah jabatannya (Rujab), Senin, 11 Maret 2019 malam, seperti dikutip di laman Penasultra.com.

“Saya sudah panggil Kadis ESDM Sultra dan 15 IUP itu kita sudah bekukan sementara,” sambung Ali Mazi.

Selain membekukan 15 IUP itu, Ali Mazi juga mengumumkan pencopotan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sultra, Eman Jaya.

Pencopotan panglima penegak Perda di Sultra ini dilakukan karena dianggap tidak mampu mengkoordinir anggotanya saat melakukan tindakan represif kepada sejumlah mahasiswa dan masyarakat Wawonii saat melakukan Unras di Kantor Gubernur Sultra beberapa hari yang lalu.

“Tadi sekitar jam 7 malam saya sudah tanda tangan surat pencopotan Kasatpol PP Eman Jaya, dan digantikan dengan Pelaksana tugas (Plt), Arijjalu yang sebelumnya sebagai Sekretaris Satpol PP Sultra,” tegas Ali Mazi di hadapan sejumlah awak media.

Sumber: Penasultra.com

Editor: Leros

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.