AMPUH Sultra Bakal Presure Pelanggaran Lingkungan PT BKM dan Cinta Jaya di Pusat

Konut, Sultrapost.ID – Aliansi Masyarakat Pemerhati Hukum (AMPUH) Sultra bakal mempresure kasus dugaan kejahatan lingkungan PT Bumi Konawe Minerina (BKM) serta PT Cinta Jaya di Kementerian ESDM, Kehutanan dan Mabes Polri.

Direktur AMPUH Sultra, Hendro Nilopo, mengatakan pihaknya tidak akan tinggal diam melihat kejahatan lingkungan yang terjadi di Blok Mandiodo, Kecamatan Molawe, Konut, akibat aktivitas kedua perusahaan tersebut.

“Kami akan mendesak Dirjen Mineral dan Batubara untuk segera mencabut IUP PT BKM dan PT. Cinta Jaya. Agar dapat menjadi perhatian dan pelajaran bagi perusahaan-perusahaan yang lain,” ungkapnya.

Tak hanya di Kementrian ESDM, pria yang kerap disapa Egis itu juga mengaku bakal melaporkan dan mendesak Ditjen Penegakkan Hukum (GAKKUM) Kemenhut RI.

“Kami juga akan desak Ditjen GAKKUM untuk segera melakukan proses hukum atas dugaan kejahatan lingkungan yang dilakukan kedua perusahan,” ucapnya.

Selai di dua Kementeria itu, AMPUH Sultra juga akan meminta Mabes Polri untuk menghentikan segala bentuk aktivitas serta melakukan Police Lain diwilayah IUP PT. BKM dan PT. Cinta Jaya.

“Kita juga akan ke KPK RI untuk meminta melakukan penyelidikan terhadap penerbitan IUP kedua perusahan tersebut. Karena kami duga cacat hukum atau maladministrasi, sebab penerbitan IUP-nya tidak di lengkapi Izin lingkungan,” jelasnya.

Karena menurutnya bertentangan dengan ketentuan Pasal 109 ayat (1) UU Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH).

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.