AMPUH Sultra Pertanyakan Kinerja Inspektur Tambang

Kendari, Sultrapost.ID – Maraknya persoalan dugaan penambangan ilegal di Sultra, rupanya menjadi perhatian serius bagi Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (AMPUH) Sultra.

Pasalnya tak satu pun dari instansi terkait khususnya Inspektur Tambang yang bekerja serius menangani persoalan kejahatan pertambangan tersebut.

Direktur AMPUH Sultra, Hendro Nilopo menduga bahwa banyaknya dugaan Penambangan Ilegal yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tidak luput dari kelalaian instansi terkait, baik Dinas ESDM Sultra maupun Inspektur Tambang.

“Dinas ESDM Sultra serta Inspektur Tambang ini kan adalah stake holder yang berwenang terhadap perusahaan-perusahaan tambangan yang ada di Sultra. Mereka di tugaskan untuk memantau kegiatan pertambangan, masa dari sekian banyak dugaan pertambangan ilegal yang ada tidak satupun yang di kuak oleh kedua instansi tersebut,” ungkapnya, Jumat 28 Februari 2020.

Seperti Inspektur tambang kata dia, sebagai garda terdepan dalam menjamin pengelolaan kegiatan pertambangan secara baik dan benar, pemerintah pusat menunjuk tujuh orang inspektur tambang yang di tugaskan di Sultra untuk melakukan pengawasan.

“Tapi kerja mereka mana, selama ini kalau bukan dari teman-teman mahasiswa dan LSM yang turun menguak maraknya dugaan penambangan ilegal mungkin kita tidak akan pernah tau bahwa di Sultra ini begitu banyak perusahaan yang di duga melakukan penambang Ilegal,” ujarnya.

Padahal lanjutnya, berbagai kejahatan pertambangan baik itu Menambang diluar dari titik koordinat, menambang tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP) sampai dengan melakukan kegiatan Eksplorasi maupun Eksploitasi di dalam kawasan hutan tanpa Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) marak terjadi di Sultra.

Untuk itu dirinya berharap agar instansi berwenang dapat mengevaluasi kinerja dari para Inspektur Tambang yang ada di Sultra.

“Mereka ini harus di evaluasi kinerjanya biar kita tau apakah mereka aktif memantau kegiatan-kegiatan pertambang di Sultra atau tidak. Karena selama ini saya hampir tidak pernah mendengar ada Inspektur Tambang yang menguak masalah dugaan penambangan ilegal khususnya di Sultra,” tutupnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.