BannerDepan

Apel Gelar Pasukan, Polres, TNI Bersama Pemkab Bombana Siap Amankan Pilkades Serentak

Bombana,  Sultrapost.id – Medekati Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 12 desa, Kabupaten Bombana yang akan berlangsung pada 18 November 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana bersama Kepolisian Resort (Polres) Bombana dan TNI, melaksanakan Apel Gelar Pasukan.

Apel yang berlangsung di pelataran MTQ Bombana, Kamis 15 November 2018 dan dipimpin oleh Bupati Bombana, H. Tafdil itu untuk mengecek kesiapan pengamanan dan kelengkapan sarana dan prasarana serta penyamaan pola pikir dan pola bertindak personil dalam pengamanan Pilkades serentak yang tinggal beberapa hari lagi.

Seperti yang disampaikan Bupati Bombana, guna meminimalisir setiap potensi gangguan kamtibmas yang terjadi pada Pilkades nanti, dibutuhkan perencanaan yang matang. Sehingga pelaksanaannya berjalan aman, kondusif dan damai.

“Dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, akan fokus perhatian kita adalah aspek pengamanan. Kegiatan ini juga merupakan ujian bagi Pemda, Polri, TNI dan Instansi Penyelenggara, ” jelasnya.

Meskipun bupati dua priode itu percaya, jika masyarakat bombana adalah masyarakat yang cinta damai serta selalu mengedepankan persaudaraan dan silaturahim dalam menghadapi pilkades. Namun lanjutnya potensi kerawanan harus tetap di antisipasi.

“Beberapa potensi kerawanan seperti konflik antar masyarakat pendukung, politik uang, unjuk rasa anarkis, intimidasi, manipulasi suara dan sebagainnya harus menjadi atensi untuk dilakukan antisipasi sejak dini, agar tidak menjadi gangguan nyata,” ucapnya.

Lebih lanjut ia meminta kepada Polres Bombana, agar tetap mengedepankan upaya preemtif dan preventif serta menegakan hukum yang profesional dengan menjalin kerja sama dan koordinasi dengan penegak hukum lainnya.

“Seluruh personil yang terlibat untuk melaksanakan ini dengan penuh keikhlasan, lakukan tugas secara profesional dan penuh rasa tanggungjawab, dengan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia. Selain itu tingkatkan kewaspadaan, deteksi dini serta pantau perkembangan situasi dan tindak tegas setiap pelanggaran pidana yang dapat menganggu situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Bombana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, personil pengamanan yang diturunkan Polres Bombana sebanyak 366, yang terbagi dari 30 personil Shabara Polda Sultra, 30 personil Brimob. Sedangkat aparat TNI kurang lebih 20 personil.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.