Awasi Kinerja Petugas Retribusi, Dishub Bombana Terapkan Aplikasi Cek dan Ricek

Bombana, Sultrapost.ID – Dalam mengawasi kinerja petugas retribusi, khususnya pada tingkat kehadiran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bombana mulai menerapkan sistem aplikasi Cek dan Ricek berbasis online.

Kepala Dishub Bombana, Syahrun saat ditemui Minggu 1 Agustus 2019 mengatakan, sistem pengawasan melalui Android ini merupakan aplikasi yang mengawasi tingkat kehadirin para petugas lapangan, dalam memungut retribusi di pos-pos PAD yang tersebar di Kabupaten Bombana.

“Sistem pengawasa manual yang sebelumnnya di gunakan, pada umumnya tidak efisien dan banyak membuang waktu. Dengan palikasi android melalui smartphone ini, semakin mempermudah dan akurat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, melalui aplikasi ini, dirinya dapat memantau dan mengontrol proses pengawasan pegawai khususnya pada tingkat kehadiran, hanya melalui ponsel cerdas.

“Kalau kemarin masih manual, kita tidak bisa pastikan mereka hadir atau tidak. Nah sekarang petugas tidak bisa lagi bermain-main soal absesnsi, karena pasti kita tahu kalau dia masuk kerja atau tidak,” jelasnya.

Sebab lanjut Syahrun, sistem absesnsi atau cek lok pada aplikasi ini hanya dapat dilakukan pada titik-titik koordinat yang telah ditentukan, sesuai pos masing-masing petugas retribusi.

“Petugas tidak dapat menandai absensi mereka jika tidak berada pada titik yang dimaksud. Jadi kita bisa mengetahui mereka hadir atau tidak. Bulan ini kita sudah mulai uji coba,” lanjutnya.

Dengan diterapkannya aplikasi ini, berdampak positif pada kinerja petugas retribusi serta mampu meningkatkan sumber-sumber PAD di Bombana.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.