BannerDepan

Balon Bupati dan Wakil Bupati Positif Narkoba Dianggap TMS

Sultrapost.com – Saat ini, para Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Bombana, yang akan memperebutkan kursi nomor satu di daerah penghasil emas ini tengah mengikuti tes bebas Narkoba di Badan Narkotika Nasional Pusat, sebagai salah satu syarat untuk menjadi Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bombana periode 2017-2022.

Menurut Asrudin S.Pd, Komisioner Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bombana, pihaknya sekarang lagi mengawal tes bebas narkoba tersebut di Jakarta. Dan jika ada salah satu Balon yang terbukti positif menggunakan Narkoba, maka pasangan Balon tersebut di anggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Bebas narkoba adalah salah satu syarat Calon, jadi kalau nda terpenuhi, berarti TMS,” kata Devisi Penindakan Pelanggara Panwas Bombana ini saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, sabtu (1/10/2016).

Ia menjelaskan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pencalonan sudah jelas bahwa ketika ada Balon yang TMS sampai batas yang telah ditentukan maka tidak bisa lagi mengikuti pencalonan tersebut, tetapi bisa digantikan dengan Balon lain sampai batas waktu yang ditentukan.

“Jadi KPU tidak mungkin melanggar PKPU tersebut,” sambung Asrudin.

Ditambahkan, bahwa rekomendasi Panwas akan dikeluarkan ketika KPU tidak melaksanakan penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, jika ada Balon yang dinyatakan positif menggunakan barang haram tersebut.

“Menurut Kepala BNN Pusat waktu kami konfirmasi, besok (Minggu, (2/10/2016), red) sudah selesai,” tutup Asrudin.

Penulis: Redaksi

Ruangan komen telah ditutup.