Berbagi Kebahagiaan di Momen HUT ke 63, Pangdam Hasanuddin Beri Bantuan ke Warga

Makassar, Sultrapost.ID – Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin berbagi kebahagiaan dengan memberikan bantuan kepada warga di moment perayaan HUT ke 63 tahun.

Hari jadi korps militer yang digelar di Baruga Setia Hingga Akhir Makodam Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Panakukang, Makassar, Senin 1Juni 2020 pagi itu dilaksanakan dengan sederhana berupa syukuran dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Beberapa perwakilan veteran RI dan warakawuri diundang khusus untuk sama-sama merayakan hari jadi korps militer angkatan darat tersebut. Tak hanya para pejuang. Kodam XIV Hasanuddin melakukan kegiatan sosial seperti donor darah. Serta membagikan bantuan gerobak ke beberapa pedagang kue khas Kota Makassar yakni Buroncong.

Terlihat Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin Arinta Andi Sumangerukka memberikan potongan tumpeng ke perwakilan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Dg Barra, wanita berusia 95 tahun.

Dg Barra sendiri merupakan salah satu Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) dari unsur pendukung logistik untuk membantu laskar Pasukan Pusat Pemuda Nasional Indonesia (PPNI) untuk melawan penjajahan Belanda di Makassar pada 16 Oktober 1945 hingga 31 Desember 1946.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjelaskan rangkaian kegiatan syukuran ini digelar untuk bisa berbagi kebahagiaan, termasuk para pejuang sebagai bentuk penghargaan atas sumbangsi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini merupakan bentuk penghargaan kita Kodam Hasanuddin kepada pejuang Veteran, beliau-beliau rela berkorban untuk mempertahankan NKRI dari tangan penjajah,” ungkap Andi Sumangerukka usai acara.

Perayaan HUT ke 63 yang bertepatan dengan peringatan Hari kesaktian Pancasila tentunya tetap menerapkan standar protokol kesehatan dikala pandemi virus corona atau covid 19, yakni mengenakan masker, menjaga jarak atau sosial distance.

“Kita juga laksanakan donor darah, sebanyak 600 prajurit yang mendonorkan darahnya. Tetapi kita juga tetap melakukan protokol kesehatan tentang physical distance atau jaga fisik dan tetap menjaga jarak,” jelas Sumangerukka.

Selain itu, Kodam XIV Hasanuddin juga memberikan bantuan berupa gerobak kepada 20 pedagang baroncong di Kota Makassar yang telah diseleksi internal dengan memilih pedagang yang betul-betul membutuhkan.

Sumangerukka mengatakan pemberian bantuan ini merupakan upaya memberdayakan potensi daerah dengan memasyarakatkan kuliner asli daerah.”Jadi mereka bisa jualan di rumahnya, sekaligus memberdayakan potensi daerah, dengan memasyarakatkan kuliner-kuliner asli daerah,” terang Jenderal bintang dua ini.

Salah satu warga yang menerima bantuan bernama Tri Wahyuni (21) mengaku senang atas bantuan yang diterimanya, dirinyapun berharap gerobak tersebut dapat bermanfaat. “Saya sangat senang, karena gerobak saya tidak seperti ini, mudah-mudahan penghasilan saya dapat lebih baik, apalagi ada virus corona, saya juga berterima kasih atas bantuan ini, ini akan saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap wanita ini.

Kodam XIV Hasanuddin juga memberikan bantuan dua unit rumah kepada prajurit yang berprestasi. Dua rumah merupakan pemberian DPD REI Sulsel melalui program RRI 2020. Dua prajurit yang beruntung mendapatkan rumah yakni Pelda Ahmad Hasta dan Koptu Purwanto.

“Dua rumah ini bantuan dari REI, untuk prajurit yang berprestasi dan tidak memiliki rumah. Yang dua prajurit itu diseleksi. Bahkan yang bersangkutan tidak tahu ketika diundang akan dapat. Sebelumnya juga kami membedah rumah warga, Basri Dg Sialle di Bontoduri. Alhamdulillah target awal 21 hari, bisa selesai 13 hari pengerjaan,” ucap Andi Sumangerukka.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.