Berikut Warna Surat Suara Pemilu 2019

Muna, Sultrapost.ID – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak akan digelar pada 17 April mendatang. Namun, ada yang perlu diperhatikan masyarakat saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam pelaksanaannya masyarakat perlu memahami dan membedakan surat suara, yang terdiri dari 5 jenis yang disediakan untuk calon pemilih dengan memiliki warna yang bebeda beda.

Ketua KPU Kab. Muna, Kubais melalui Kasubag Teknis dan Hubmas, Sarus menjelaskan, Surat suara yang berwarna abu abu diperuntukkan dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Yang ke dua, surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), berwarna merah.

Ke tiga, surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), berwarna kuning.

Ke empat, surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi berwarna biru.

Serta yang ke lima, surat suara Pemilu untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota berwarna hijau.

“Hanya ada 2 jenis surat suara yang menggunakan foto, yaitu surat suara Pemilu presiden dan wakil presiden dan surat suara Pemilu anggota DPD. Sedangkan surat suara Pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi, dan surat suara pemilihan umum anggota DPRD kabupaten/kota hanya menggunakan nama,”terangnya pada media ini, Rabu, 13 Februari 2019.

Ia menambahkan, pengenalan warna surat suara tersebut sangatlah penting, dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya saat melakukan pencoblosan nanti.

“Pada kotak suara ada label yang menunjukkan perintah untuk memasukan surat suara kedalam kotak sesuai dengan warna masing masing, agar tidak terjadi kekeliruan,” tukasnya.

Penulis: Ison

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.