Bertandang ke Konut, Ampuh Sultra Harap Mabes Polri Proses Dugaan Ilegal Mining CV UBP

Konut, Sultrapost.ID – Direktur Aliansi Masyarakat Peduli Hukum (Ampuh) Sultra, Hendro Nilopo sangat mengapresiasi kedatangan Mabes Polri di beberapa wilayah pertambangan di Konawe Utara (Konut).

Dirinya berharap, tim yang di turunkan oleh Mabes Polri dapat memproses dugaan kejahatan pertambangan dan kehutanan yang di lakukan oleh berbagai perusahan tambang yang beroperasi di Bumi Oheo.

“Jelas kami apresiasi, apa lagi di Konut ini sudah bukan rahasia lagi mengenai maraknya praktik ilegal mining dan kejahatan kehutanan yang terjadi, nanti kan bisa di saksikan langsung oleh mereka (Mabes Polri red), ” ungkapnya, Minggu 11 April 2021.

Hendro menyebutkan, salah satu perusahan yang menurutnya harus segera di proses yakni CV Unaha Bakti Persada (UBP). Perusahan tersebut diduga kuat tengah melakukan aktifitas pertambangan di luar titik Koordinat atau Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) miliknya serta melakukan aktifitas di dalam Kawasan Hutan Negara tanpa Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

“Disana ada perusahaan yang menurut saya sangat kebal hukum. Dugaan kejahatannya itu jelas, selain melakukan penambangan di luar titik kordinat Wilayah IUP nya, CV UBP ini juga di duga beraktifitas di dalam kawasan hutan negara tanpa IPPKH,” ucapnya.

Untuk itu lanjut Hendro, dirinya meminta dengan tegas kepada Tim Mabes Polri agar bisa menuntaskan kasus tersebut, sehingga tidak ada lagi perusahaan yang terlihat kebal hukum dalam melakukan berbagai bentuk kejahatan pertambangan.

“Kami minta dengan tegas, agar ketika pihak Mabes Polri balik ke Jakarta, Kasus dugaan ilegal mining CV UBP ini bisa di proses sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”. tutupnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.