Cegah Penyebaran Covid-19 Kepada Tunawisma, Kodam Hasanuddin Siapakan Ratusan Tempat Penampungan

Makassar, Sultrapost.ID – Sejak 24 April 2020 lalu, Makassar telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Panerapan tersebut dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kian mengkhawatirkan.

Ditengah penerapan PSBB itu, Kodam XIV/Hasanuddin malakukan pendataan terhadap Tunawiswa, Bentor dan tukang becak yang masih melakukan aktivitas di jalan-jalan. Sementara bagi tunawisma, pihaknya menyiapkan 300 tempat penampungan.

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan selain untuk menghindarkan para tunawisma dari penyebaran virus berbahaya tersebut, tempat penampungan itu juga dapat mempermudah penyaluran bantuan sembako bagi mereka yang membutuhkan.

“Selain untuk menghidarkan mereka (tunawisma) dari Covid-19, langkah ini juga untuk mempermudah penyaluran bantuan sembako bagi yang membutuhkan,” ujar Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Selasa 28 April 2020.

Lanjut, Jenderal bintang dua ini mengatakan lokasi penampungan dipilih yang berdekatan dengan posko Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan. “Nantinya para tunawisma yang sehari-harinya masih beraktivitas di jalan akan ditampung dan diberi makan setiap harinya,” tuturnya.

Orang nomor wahid di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin ini menambahkan bagi tunawisma yang tidak ingin menempati lokasi penampungan tetap akan di data dan diberikam bantuan sembako dan dibawah kerumahnya masing-masing.

“Diharapkan mereka tetap menjaga phisycal distancing,” tambahnya.

Untuk diketahui, pada kesempatan ini pula Pangdam memberikan pengetahuan kepada para tunawiswa, tukang becak dan bentor untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terkhusus tetap menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah.

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, saat bertemu dengan warga kurang mampu

Sementara itu perwakilan Tukang Bentor, Halim mengucapkan rasa terimakasih kepada Panglima Kodam  XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang telah turun langsung bertatap muka dengan kami.

“Saya mewakili teman-teman semua mengucapkan terimakasih kepada bapak Pangdam,” ujarnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.