BannerDepan

Cegah Stunting PT GKP Laksanakan Kegiatan PMT

 

Konkep, Sultrapost.ID – Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-58 PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) bekerjsama dengan puskesmas Roko-Roko melakukan Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada Bayi dan Balita. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak Senin, 14 November 2022 di posyandu Desa Nambo Jaya dan Rabu 16 November 2022 di posyandu Desa Sainoah Indah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bambang Murtiyoso GM External PT. GKP, kepala puskesmas Roko-Roko Alwi dan Kepala Desa Nambo Jaya, Lamido.
Selain pemberian makanan tambahan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan lansia, penimbang berat badan, pengukuran tinggi badan serta pemberian Kartu Menuju Sehat ( KMS).

Pemberian makanan tambahan merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) GKP, di bidang kesehatan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap bayi dan balita. Tujannya, untuk memberikan gizi terbaik dan mencegah terjadinya gizi buruk terhadapa anak-anak di daerah lingkar tambang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bayi Stunting. Fokus PMT, bahwa di area ring satu perusahaan tidak boleh terdapat kasus gizi buruk. Selain itu harapannya kegiatan ini sebagai bentuk kerja sama dengan instansi-instansi lain di area lingkar perusahaan,” ucap Aldo Sastra tim CSR GKP.

Dari data puskesmas pada kegiatan PMT ini, rerata berat bayi 5,25 kg tinggi badan 43,05 cm. Sedangkan rerata berat badan Balita 10,4 kg dengan tinggi badan 84,79 cm. Dari data tersebut, menunjukan bayi dan balita dalam kondisi sehat.

Bambang Murtiyoso, GM External PT GKP berharap, lewat program PMT ini, gizi anak-anak bisa terpenuhi dengan baik sehingga menjadi lebih sehat dan siap menjadi generasi penerus bangsa.

“Semoga kegiatan PMT ini bisa menjadi penambah gizi bagi bayi dan balita dan kita berharap putra putri di di sini sebagai generasi penerus bisa berkembang lebih sehat lagi sehingga memiliki satu akhlak yang mulia sehingga jadi kebanggan orang tua masyarakat dan agama, amin,” Jelasnya.

Alwi, Kepala Puskesmas Roko-Roko dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan PMT yang diselenggarakan pihak perushaan.

“Lewat kegiatan PMT ini semoga masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik, dan saya sangat berterimakasih kepada pihak perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan ini, karena sangat-sangat membantu,” ungkapnya.

Lamido, Kepala Desa Nambo Jaya memberikan apresiasi kegiatan PMT ini. Ia berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak perusahaan atas kolaborasinya dengan pihak kesehatan dalam hal ini pemberian makanan tambahan. Jangan berfikir ini nilai dan jumlahnya, bantuan itu bukan besar dan kecilnya tapi keiklasan dan kepedulian. Dan saya rasa ini akan berkepanjangan,” ujarnya.

Kegiatan PMT mendapat respon positif dan didukung penuh oleh masyarakat Nambo Jaya dan Sainoah Indah. Ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, bukan hanya kegiatan PMT saja, tetapi juga kegiatan apa saja yang diselenggarakan perusahaan.

“Terima kasih atas kegiatan ini, sangat bermanfaat, tidak saja bagi anak-anak tetapi juga para ibu. Kegiatan ini sekaligus membuka kesadaran para ibu dan orang tua, tentang pentingnya gizi yang baik bagi bayi dan anak-anak. Biasanya makanan tambahan hanya sedikit, sekarang jumlahnya lebih banyak. Terima kasih GKP, ” demikian ujar Daniati, warga Sainoa Indah, usai mendapatkan susu dan biskuit bayi.

Pada awal desember kegiatan serupa akan diiaksanakan di lima desa di Roko-Roko Raya.

“Kegiatan PMT untuk lima desa di Roko-Roko Raya akan dilaksanakan di awal Desember sesuai jadwal posyandu masing-masing desa” demikian di sampaikan Idris Toande, PIC program PMT CSR PT GKP.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.