Cegah Terorisme, BNPT RI Gandeng Seluruh Pemdes di Bombana

Bombana, Sultrapost.id – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI terus menunjukan eksistensinya dalam melakukan pencegahan terorisme. Sebagai bentuk komitmennya, kali ini BNPT menggandeng seluruh perangkat Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Bombana, untuk melakukan sosialisasi sinergi dalam upaya pencegahan terorisme, Kamis 30 Agustus 2018.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT RI Dr, Hj Andi Intang Dulung mengatakan agar terorisme tidak timbul dimasyarakat, pencegahannya harus dimulai dari tingkat pemerintahan paling bawah yakni, Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten hingga ketingkat paling atas.

“Selain peran penting dari pemerintah desa. Peran dari aparat keamanan seperti  Bhayangkara Babinkamtibmas serta Babinsa juga sangat penting dalam melakuka pencegahan terorisme,” jelasnya.

Untuk itu kata dia, meski masing-masing memiliki tugas dan pungsi yang berbeda, akan tetapi keduanya memiliki peran penting dalam melakukan pencegahan terorisme, sehingga harus bersinergi dan saling berkoordinasi.

“Kades harus mengenal seluruh warganya.  Jika ada warga yang sangat mencurigakan segera laporkan ke pihak berwajib. Begitu juga Babinkamtibmas dan Babinsa, harus  sering-sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat tempat dimana dirinya bertugas,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bombana H Tafdil yang diwakili oleh  Staf Ahlinya Ramsi juga mengatakan, bahwa terorisme merupakan kejahatan internasional. Sehingga itu  sosialisasi pencegahan terorisme sangat penting.

“Saya tekankan kepada seluruh kades untuk lebih proaktif dalam melakukan pemantauan kepada warganya, khususnya kepada para pemuda. Untuk itu, saya berharap agar para kades melibatkan seluruh karang taruna dalam setiap kegiatan yang ada di desa,” tutupnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.