BannerDepan

Dewan Setujui APBD Mubar Tahun 2019

Mubar, Sultrapost.Id – Setelah diskors selama tiga hari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Muna Barat (Mubar) kembali melanjutkan sidang Rapat Paripurna tingkat II pembahasan pengambilan keputusan penetapan APBD 2019, Jumat, 30 November 2018.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Plt Ketua DPRD Mubar Cahwan, dan didampingi Wakil Ketua Uking Djassa dan Sekwan Asbar Hainuddin, turut hadir Wakil Bupati Achmad Lamani bersama Sekda Mubar LM Husein Tali beserta jajarannya.

Ketua DPRD Muna Barat Cahwan menjelaskan, ketika mengacu kepada Tata Tertib (Tatib) dewan PP 12 tahun 2018 pasal 97 ayat 4 bilamana rapat sebelumnya tidak kuorum maka rapat dskors paling lama tiga hari dan kembali ditetapkan rapat yang sama oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Mubar untuk pengambilan keputusan.

Lanjutnya, selain itu pada pasal 5 dikatakan apabila sampai ditunda sampai tiga hari juga hasilnya tidak kuorum pengambilan keptusan diserahkan pada pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Bapak Gubernur selaku perwakilan Pemerintah Pusat.

“Dari fakta-fakta hari ini kita tidak bisa sangkal bahwa tidak kuorumnya kembali paripurna sore ini, yang kita minta dari kesepahaman 12 anggota dewan yang hadir untuk menyepakati isi materi APBD 2019,”ujarnya

La insafu Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika yang merupakan kader partai Nasdem mengatakan, Dengan tidak kuorumnya dalam pengambilan keputusan pada rapat hari ini, untuk tidak mengulur-mengulur waktu yang nyatanya hasilnya masih tidak berubah pihaknya  menyepakati isi materi APBD Anggaran Tahun 2019.

“Saya kira tidak ada lagi alasan untuk tidak menyepakati itu karena sudah termuat dalam Tatib DPRD Mubar,” tuturnya.

Begitu juga La Kudja Ketua Fraksi Golkar pihaknya pun menyetujui kesepakatan tersebut karena menurutnya, dewan harus menjalankan amanah dan berpegang teguh pada Tatib.

“Karena ini merupakan satu-satunya solusi,”cetusnya

Sementara itu Wakil Bupati Mubar Achmad Lamani mewakili pihak Pemda menyampaikan sangat mengapresiasi sikap segenap anggota DPRD yang sudah menyepakati usulan Raperda APBD 2019 yang mana sudah lalui proses panjang.

“Proses pembangunan tak boleh terhenti disini, segala upaya yang kita lakukan demi pelaksanaan pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” tandasnya

Untuk diketahui setelah dilaksnakannya rapat paripurna, 12 anggota DPRD bersama pihak Pemda Mubar menanda tangani berita acara pembahasan kebijakan umum anggaran prioritas dan pelaksanaan anggaran serta Raperda APBD tahun 2019 yang disetujui untuk selanjutnya diserahkan ke Pemerintah Propinsi.

Penulis: Ison

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.