Dikbud Muna Akan Segera Mewajibkan Pedidikan Pramuka Bagi Siswa

Muna, Sultrapost.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna akan segera menerapkan pedidikan kepramukaan untuk dimasukan dalam kegiatan ekstarkulikuler yang wajib bagi para siswa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Ashar Dulu saat ditemui diruang kerjanya, Senin 19 Agustus 2019. Kata dia, hal itu telah tertuang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah.

“Untuk itu pendidikan kepramukaan diwajibkan bagi siswa  SD, SMP dan SMA, di Muna dan secepatnya akan diterapkan,” jelasnya.

Dirinya mengaku, sudah melakukan langkah-langkah untuk mengupayakan  pendidikan kepramukaan ini agar secepatnya bisa kembali diaktifkan.

“Kita tinggal menunggu keputusan bapak Bupati Muna. Jadi nantinya para guru-guru pada hari sabtu itu diwajibkan menggunakan kostum pramuka lengkap,” ujarnya.

Selain itu Ia juga menambahkan bahwa Pendidikan kepramukaan ini dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian bagi peserta didik.

“Pembinaan kepramukaan ini diharapkan dapat membentuk jati diri siswa yang baik sehingga tidak tergiring dalam hal-hal yang negatif,” pungkasnya

Laporan: Ison
Editor: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.