Disdukcapil Muna, Musnahkan Ribuan Keping e-KTP Rusak

Muna, Sultrapost.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Muna memusnahkan 8.545 ribu Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang rusak atau invalid pada hari Kamis, 20 Desember 2018.

Pemusnahan e-KTP ini, sudah yang ke 4 kalinya dilakukan di halaman kantor Disdukcapil Muna, yang sebelumnya dilakukan pada hari Jumat lalu dengan cara dibakar.

Hal ini dilakukan berdasarkan instruksi Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11156/SJ tentang Penatausahaan KTP elektronik Rusak atau Invalid, yang ditujukan kepada bupati dan walikota diseluruh Indonesia.

“Pemusnahan ini merupakan intruksi Kemendagri yg dilakukan serentak se Indonesia selama seminggu kedepan, yang dimulai pada Jumat lalu dan ini akan masih berlanjut jikalau masih ada e-KTP yang rusak atau mengalami perubahan data ,”ungkap Kadisdukcapil Muna Abdul Munir SH melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Arwin SH.

Lanjut Arwin menuturkan, dilakukannya pemusnahan, guna  mencegah penyalahgunaan e-KTP dan menghindari polemik yang terjadi ditengah masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi kedepan.

“Pemusnahan e-KTP yang rusak dan invalid ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaannya, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, apalagi kita akan memgadapi pemilu 2019 kedepan,” tandasnya.

Penulis: Ison

Ruangan komen telah ditutup.