Distransnaker Sultra Pastikan Satu Orang TKA Yang ditemukan di PT SSU Kantongi Dokumen Lengkap

Bombana, Sultrapost.ID – Satu orang TKA asal Kirgizstan, Ulan Niiazi yang dikabarkan sempat diamankan oleh Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Distransnaker) Sultra, saat melakukan pengawasan tenaga kerja di PT SSU yang terletak di Kabaena Utara, pada 6 Agustus 2019 kemarin, rupanya memiliki dokumen lengkap.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Distransnaker Sultra, Makner Sinaga saat dikonfirmasi melalui via selulernya, Rabu 7 Agustus 2019. Kata dia, berdasarkan hasil koordinasi dari data Imigrasi Pusat, TKA tersebut sebenarnya telah memiliki dokumen lengkap.

“Memang kemarin pada saat lakukan pengawasan tenaga kerja di PT SSU, anggota saya menemukan seorang TKA. Kami minta dokumennya tidak bisa ditunjukan lalu kami bawa ke kendari, dan setelah kita koordinasi dengan Imigrasi Pusat, ternyata Ulan ini sudah memiliki RPTKA, Notivikasi dan dokumen lainnya,” jelasnya.

Hanya saja lanjutnya, saat itu diketahui jika TKA tersebut bukanlah tenaga kerja dari PT SSU, melainkan salah satu perusahan yang bakal bekerja sama dengan perusahan pemurnian nickel itu.

“Perusahan yang mempekerjakan dia itu bukan PT SSU, tapi perusahan lain yang punya kontrak kerja sama dengan SSU. Hanya memang perusahannya itu berada di Jakarta, sehingga kami bertanya-tanya ini bagaimana. Makanya kita bawa dulu kendari untuk diklarifikasi,” ungkapnya.

“Setelah kita tahu ternyata lengkap, saya sampaikan ke Ulan kalau mau pulang silahkan, karena tidak ada masalah,” tambah Makner.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.