BannerDepan

DLH Bombana Minta PT NLS Lebih Berhati-hati Melakukan Penambangan di Kabaena Timur

Bombana, Sultrapost.ID – Ketakutan masyarakat akan terjadinya kerusakan lingkungan hingga bencana banjir akibat aktivitas penambangan PT Narayana Lambale Selaras (NLS) di Kecamatan Kabaena Timur, kini mendapat perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bombana.

DLH meminta kepada perusahan tambang yang beroperasi di tiga wilayah yakni Kelurahan Lambale, Kelurahan Dongkala serta Desa Tapuhaka itu agar berhati-hati dalam mengeksploitasi sumber daya alam (SDA) di tiga wilayah tersebut.

Sekertaris DLH Bombana, Makmur Darwin saat di konfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis 8 Agustus 2019 mengatakan, perusahan harus lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas penambanganny didekat pemukiman warga.

“Kabarnya dia beroprasi di Gunung Wumbutuwele, tepatnya di Lelurahan Lambale, kalau betul beroprasi disitu yah harus berhati-hati. Karena pasti akan berdampak negatif kepada masyarakat,” ucapnya.

Sebab kata dia, berdasarkan informasi, di gunung tersebut terdapat mata air yang menjadi satu-satunya sumber air yang digunakan oleh warga, khususnya warga Kelurahan Lambale. Sehingga jika tidak berhati-hati dalam mengeksploitasi SDA-nya, maka akan berdampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

“Dalam waktu dekat kami akan melalukan peninjauan langsung di PT NLS,” katanya.

Lanjutnya, meski perusahaan jelmaan dari PT Billy itu telah mengantongi izin operasi dari dinas ESDM Provinsi Sultra, akan tetapi dampak lingkungan harus tetap menjadi perhatian serius dari perusahan.

“Yang keluarkan izin operasinya kan dari ESDM provinsi. Jadi kami tidak bisa berbuat banyak terhadap aktivitas PT NLS. Kalau ada izin oprasinya di Gunung Wumbutuwele yah kami tidak bisa apa-apa itu kewenangan Pemprov. Apalagi kita ketahui PT NLS itu adalah PT Billy yang berubah nama, izinnya masih menggunakan izin PT Billy. Namun soal dampak lingkungan tetap harus menjadi perhatian serius kita bersama,” tutupnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.