DPRD Bombana Setujui Penetapan Pelaksanaan Pertanggungjawaban APBD Tahun 2018 Pemda

Bombana, Sultrapost.ID – Setelah melalui beberapa tahapan pembahasan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana, kini menyetujui penetapan rencana peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018 Pemda Bombana.

Dokumen laporan pertanggungjawaban pelaksanaa APBD tahun 2018 itu, disetujui melalui rapat paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Bombana, Senin 22 Juli 2019.

Rapat Paripurna Persetujuan penetapan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018

Melalui pidato Bupati Bombana, H Tafdil yang disampaikan oleh Wakilnya Johan Salim, mengakui bahwa masih ada beberapa target dalam pelaksanaan APBD tahun 2018 lalu, baik yang terkait dengan pendapatan dan belanja yang kini telah ditetapkan, belum sepenuhnya bisa tercapai

“Tentunya hal ini menjadi catatan perbaikan dalam penyusunan APBD tahun anggaran mendatang. Oleh karena itu saya sampaikan kepada tim anggaran Pemda, agar bisa menjadikan Raperda ini sebagai dasar dalam penyusunan Raperda tentang perubahan APBD tahun 2019 mendatang. Khususnya terhadap penetapan target pendapatan dan belanja daerah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, mantan Wakil Ketua DPRD Bombana itu juga berharap, agar beberapa catatan yang diberikan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI perwakilan Sultra, atas laporan keuangan Pemda tahun 2018 lalu dapat ditindaklanjuti.

“Khususnya terkait dengan kepatuhan atas peraturan perundang-undangan dan standar pengendalian internal pemerintah. Agar dapat ditindaklanjuti dan menjadi dasar dalam perbaikan tata kelola keuangan Pemda, dalam rangka mempertahankan predikat Opini WTP yang dicapai enam tahun anggaran berturut-turut,” ucapnya.

Ia juga berharap, penetapan Raperda APBD tahun anggaran 2018 yang nantinya akan di ajukan ke Gubernur Sultra untuk di evaluasi, dapat dikawal bersama.

“Saya berharap agar kita bersama-sama mengawal jalannya proses evaluasi ditingkat Provinsi sampai dengan tindak lanjut hasil evaluasi gubernur. Karena hal tersebut masih merupakan bagian dari rangkaian penyusunan Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018,” pungkasnya.

Pantauan sultrapost.id, usai menyampaikan pidato bupati bombana, dokumen tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018 itu kemudian diserahkan Johan Salim kepada Ketua DPRD Bombana, Andi Firman.

Laporan: Aidil.

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.