DPRD Muna Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018

Muna, Sultrapost.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna bersama Pemerintah Daerah (Pemda) gelar rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 di aula pertemuan, Jumat, 28 Juni 2019.

Dari pembacaan laporan pertanggung jawaban itu, Bupati Muna, L.M Rusman Emba menyebutkan jumlah APBD Muna pada tahun 2018 sebesar 2,42 triliun, dari anggaran pendapatan daerah sebesar 1,15 triliun dan anggaran belanja daerah 1,26 triliun. Tetapi dalam pelalsanaanya APBD terjadi perubahan yang diakibatkan berbagai kebijakan sebagaimana yang telah ditetapkan pada perubahan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2018.

“Pemda sudah semaksimal mungkin berupaya mengupayakan, namun banyak yang tak terealisasi sehingga ada sisa lebih perhitungan anggaran per 31 desember sebesar 39,8 miliar,” ungkap Rusman.

Kata Rusman, Silpa 31 Desember 2018 itu berada di kas umum daerah, Belanja Operasional Sekolah (BOS) dan juga berada dikas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) maupun di Puskesmas.

Ia juga menyinggung soal beberapa pembangunan prioritas yang tidak bisa terealisasi akibat pinjaman utang yang tidak disetujui oleh Kemendagri.

Menurutnya, kondisi ini berdampak pada pengalihan sumber anggaran, karena banyak sumber pembangunan anggarannya dari pinjaman tersebut.

“Akibat pinjaman yang tak disetujui itu banyak yang ditunda namun kita akan tetap prioritaskan pembangunan yang mendesak seperti sarana air bersih dan pasar,” terangnya.

Dari hasil pembacaan laporan pertanggung jawaban itu, semua fraksi yang hadir memerima dengan mengajukan beberapa rekomendasi diantaranya pengefektifan anggaran untuk rakyat dan juga menjaga harmonisasi antara SKPD.

Perlu diketahui dalam rapat pembahasan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, La Ode Dyrun yang dihadiri fraksi Demokrat, Golkar, Hanura, Gerindra, PKB, Madani, PAN beserta seluruh SKPD.

Laporan: Ison

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.