BannerDepan

Dugaan Pungli Penerbitan SKV di Dinas ESDM Sultra Bakal Dilapor ke Mabes POLRI dan KPK RI

Kendari Sultrapost.ID – Setelah berdemonstrasi di Dinas ESDM dan Kejati Sultra beberapa waktu lalu, pekan depan  Forum Mahasiswa Pemerhati Investasi Pertambangan (FORSEMESTA) Sultra  bakal melaporkan dugaan Pungli penerbitan Surat Keterangan Verifikasi (SKV) oknum pejabat Dinas ESDM Sultra itu di Mabes Polri dan KPK RI.

Koordinator Presidium FORSEMESTA Sultra,  Muhamad Ikram Pelesa saat ditemui Minggu 21 April 2019 mengatakan, dirinya telah mengantongi bukti berupa pengakuan dari salah satu pimpinan perusahaan tambang di Konut berinisial AK yang menjadi korban Pungli oknum pejabat berinisial YM di Dinas ESDM Sultra.

“Minggu depan kami lapor ke Mabes Polri dan KPK RI. Kami punya bukti pengakuan AK berupa percakapan jelas YM dalam bentuk rekaman yang memunta uang jutaan rupiah pertongkang setiap kali penerbitan SKV perusahaan,” ngkapnya.

Kata dia, dirinya telah lama menghendus  dugaan pungli yang terjadi di lingkup Dinas ESDM Sultra. Dimana hampir seluruh perusahaan tambang di Sultra mengeluhkan kejadian tersebut. Hingga akhirnya ada seseorang yang menyampaikan dugaan Pungli yang dilakukan oleh Oknum pejabat berinisial YM.

“Sebenarnya sudah lama sy dengar rumor soal itu, hampir semua penambang mengeluh soal itu. Hingga akhirnya kuasa hukum salah satu perusahaan tambang dikonut berinisial AK membeberkan kepada saya soal adanya dugaan pungli penerbitan SKV yang dilakukan pejabat di dinas ESDM Sultra berinisial YM,” ucapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya pada aksi demonstrasi beberapa waktu lalu di Kantor Dinas ESDM Sultra,  Ikram meminta Plt. Kepala Dinas untuk bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Bahkan ia menegaskan akan membongkar dugaan pungli penerbitan  SKV perusahaan tambang yang dilakukan oleh salah seorang oknun.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.