BannerDepan

Enggan Tunjukan Dokumen Amdal, Warga Torobulu Tetap Tolak Penambangan di Area Pemukiman

Konsel, Sultrapost.ID – Polemik pertambangan di area pemukiman warga di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tak kunjung ada titik temu.

Mediasai yang berlangsung di Balai Desa Torobulu pada Kamis, 26 Oktober 2023 dan dihadiri oleh warga yang menolak, PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) serta pemerintah baik Desa, Kecamatan dan stackholder lainnya berakhir buntu.

Pasalnya, warga bersikukuh tetap menolak adanya aktivitas penambangan PT WIN di area pemukiman mereka.

Idam selaku warga torobul mengatakan, sampai hari ini pihaknya tetap konsisten menolak adanya aktivitas pertambangan PT WIN di pemukiman warga. Hal itu karena perusahan tersebut tidak dapat menujukan amdalanya.

“Tadi kita sudah melakukan mediasi. Tetapi dalam mediasi itu perusahan tersebut tidak dapat menunjukan Amdalnya baik secara teknis atau lainya sehinga kami akan tetap melakukan penolakan terhadap aktivitas PT WIN di pemikiman warga,” ungkapnya.

Dijelaskannya, menurut alasan PT WIN tetap melakukan penambangan itu berdasarakan rekomendasi dari Bupati Konsel bahawa PT WIN harus menambang di pemukiman dengan jarak 5 meter dari jalan. Padahal seharusnya rekomendasi itu terlebih dahulu di ajukan ke pemerintah pusat.

“Yang menjadi dasar perusahaan tetap menambang itu karena berdasarakan tekomendasi Pemerintah. Tetapi kami menolak keras bahawa itu merupakan izin. Dan sebenarnya rekomendasi itu harus di ajukan ke pusat,” kata Andi yang juga merupakan warga Torobulu itu.

Dia juga menyamapaikan, bahawa pihaknya tidak sedikitpun menolak adanya investasi. Tetapi apa yang di lakukan oleh PT WIN tidaklah di benarkan karena sudah melanggar aturan yang ada dengan menambang di pemukiman.

“Kami sebenarnya tidak permasalahakan investasi di desa kami. Kami hanya sesalakan menambang di lemukiman warga yang terntu samgat merugikan kami dari segi keselamatan dan kseshatan,” bebernya

Untuk itu, dia meminta kepada Presiden Jokowi, Polri dan panglima TNI segera mengantensi adanya kejadian tersebut, sebelum terjadi hal yang tidak di knginkan.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.