Fakultas Peternakan UHO Mengabdi Melalui Limbah Pertanian

Peternakan, Sultrapost.Id – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program unggulan Kemenristekdikti yang diselenggarakan dalam rangka implementasi Tridarma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi; membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; serta meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).

Salah satu mitra kegiatan PKM pada tahun 2018 adalah Kelompok Tani Lestari Desa Andoolo Utama Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan. Kelompok yang diketuai oleh Bambang ini didirikan pada tahun 2010 dan beranggotakan 21 orang yang seluruh anggotanya adalah petani. Kegiatan usaha peternakan yang dijalankan berupa usaha penggemukan dan pembibitan sapi potong.
Tim pengabdi Fakultas Peternakan UHO yang terdiri dari Firman Nasiu, Dedem Sutopo, Putu Nara Kusuma Prasanjaya, dan Purnaning Dhian Isnaneni ini menitikberatkan kegiatan pengabdian pada optimalisasi pemanfaatan limbah pertanian jerami padi untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai bulan Mei sampai Agustus 2018 ini menerapkan bioteknologi sederhana yang mudah dipahami masyarakat yaitu teknologi fermentasi. Melalui proses fermentasi dengan bantuan mikroorganisme yang menguntungkan, limbah jerami padi yang berkualitas rendah dapat diubah menjadi jerami padi fermentasi yang kualitasnya lebih baik untuk digunakan sebagai pakan ternak sapi potong.

Kegiatan pengabdian ini disambut baik oleh seluruh anggota kelompok dan masyarakat sekitar karena memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan mengenai pemanfaatan jerami padi sebagai pakan ternak sapi yang sebelumnya hanya menjadi sampah atau dibakar. Melalui aplikasi teknologi fermentasi yang sederhana, para peternak diharapkan dapat mengelola usaha peternakan yang dijalankan dengan lebih baik menuju peningkatan kesejahteraan hidup peternak dan keluarga.

Penulis: Tim Pengabdi

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.