BannerDepan

Format Sultra Duga PT Mining Maju Lakukan Kejahatan Pertambangan

 

Kendari, Sultrapost.ID – Koordinator Presedium Forum Pemerhati Tambang (Format) Sultra, Jaswanto menduga adanya praktek ilegal mining yang di lakukan oleh PT Mining Maju di Desa Sulaho, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Pasalnya, status Izin Usaha Pertambangan (IUP) seluas 227 Ha milik perusahan tersebut adalah izin eksplorasi, namun sudah melakukan aktivitas penambangan.

“Status IUP-nya masih tahap eksplorasi, itupun juga sudah berakhir. Tapi kami duga perusahaan tersebut justru sudah melakukan penambangan,” ungkapnya, Selasa 15 Juni 2021.

Aktivitas PT Mining Maju.

Belum lagi lanjutnya, perusahan tersebut juga di duga melakukan aktivitas penambangan di dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) dan Hutan Lindung (HL) tanpa mengantongi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

“Saya mencurigai adanya keterlibatan oknum kepolisian yang membekingi perusahaan tersebut,” tegasnya.

Untuk itu, Advokat muda ini menegaskan dalam waktu dekat dirinya akan melaporkan dugaan kejahatan pertambangan PT Mining Maju ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Mabes Polri terkait indikasi oknum petinggi Kepolisian yang membekingi aktifitas ilegal mining di Kolaka Utara.

“Dalam waktu dekat kami akan laporkan di KPK dan Propam Mabes Polri terkait aktifitas penambangan tersebut, karena jika ini tetap dibiarkan negara semakin merugi dan kawasan hutan semakin rusak, tutupnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.