Format Sultra Laporkan Dugaan Ilegal Mining PT KMR di Polda

Kendari, Sultrapost.ID – Forum Pemerhati Tambang (Format) Sultra, melaporkan PT Kurnia Mining Resources (KMR) di Polda Sultra, Rabu 15 April 2020.

Perusahan tambang yang beroperasi di Desa Mosiku, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) itu di duga melakukan ilegal mining dengan menambang di luar titik koordinat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Koordinator Presidium Format Sultra, Jaswanto mengatakan aktivitas penambangan PT KMR diduga berada diluar titik koordinat IPPKH.

“”Hari ini kami memasukan laporan di Krimsus Polda Sultra guna menindak lanjuti dugaan aktivitas illegal mining PT KMR,” ungkapnya.

Parahnya lagi, lanjut mantan Ketua BEM Fakultas Hukum UHO itu, selain menambang diluar titik koordinat IPPKH, PT KMR juga dinilai tidak menerapkan kaidah penambangan yang baik sehingga menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Berdasarkan penelusuran, kami menemukan adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan PT. KMR dengan menambang diluar titik kordinat IPPKH yang mereka miliki sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan,” jelasnya.

Untuk itu dirinya mendesak Polda Sultra agar segera menghentikan duggan ilegal mining PT KMR yang mengakibatkan kerusakan lingkungan serta menahan pimpinan perusahan sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas terjadinya dugaan illegal mining.

“Kami minta Polda Sultra agar Saudara Halim Huntoro selaku pimpinan PT KMR segera ditangkap atas indikasi penambangan ilegal yang diperbuatnya,” tutupnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.