Format Sultra Minta Polri Tetapkan Andi Uchi Sebagai Tersangka Dugaan Ilegal Mining

Kendari, Sultrapost.ID – Forum Pemerhati Pertambangan (Format) Sultra, meminta kepada Polri untuk segera menetapkan Andi Uchi Abdul Hakim sebagai tersangka dugaan kejahatan kehutanan.

Ketua Umum Format Sultra, Jaswanto mengatakan bahwa dugaan penambangan dalam kawasan hutan tanpa izin oleh PT Bososi Pratama di Desa Morombo, Kabupaten Konawe Utara (Konut) sudah berlangsung sejak lama. Aktivitasnya Itu dilakukan secara terstuktur dan masif serta melibatkan oknum mafia tambang untuk mengeruk kekayaan alam tanpa mempertimbangkan dampak kerusakan alam yang akan terjadi.

“Patut diduga mereka menghalalkan segala cara hingga melakukan penambangan pada kawasan hutan lindung dan diluar dari Izin pinjam pakai kawasan hutan,” tegasnya, Kamis 19 Maret 2020.

Ironisnya, dugaan kejahatan kehutanan PT Bososi Pratama itu secara terus menerus mereka praktekan dan mengabaikan segala hukum yang dapat menjerat perusahan tersebut. Berdasarkan hasil kajian Format pada peta citra satelit yang dikeluarkan tanggal 1 Februari 2019, nampak beberapa titk penambangan diluar dari IPPKH.

“Terindikasi kuat aktivitas penambangan ilegal PT Bososi Pratama telah berlangsung lama, sampai kedatangan tim dari Mabes Polri pada selasa 17 Maret kemarin yang melakukan penindakan,” ucapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan keputusan kepala BKPM RI/No: 98/1/IPPKH/PMDN/2016 tentang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) lokasi pertambangan PT Bososi Pratama seluas 495,52 HA merupakan kawasan hutan lindung dan hutan produksi.

“Dalam perjalanannya PT Bososi Pratama secara diam diam melakukan praktek pertambangan di luar titik koordinat dari IPPKH yang telah ditetapkan dan dengan sengaja melakukan penambangan di dalam area kawasan hutan lindung,” ujarnya

Ditambahkannya, Jaswanto juga membeberkan berbagai dugaan manipulasi administrasi perusahaan, dengan melahirkan akta kepemilikan hingga adanya proses jual beli saham (take over) yang meninggalkan jejak kelam diantara mereka hingga berujung saling lapor atas kasus penipuan di Mapolda Sultra.

“Berdasarkan hasil penelusuran kami dari berbagai akta kepemilikan PT Bososi Pratama yang terbit hingga sekarang yang menjadi landasan pengurusan administrasi perusahaan di ESDM adalah akta no 16 tertanggal 9 agustus 2018 yang mengatasnamakan bahwa Andi Uci Abdul hakim adalah direktur utama PT Bososi Pratama, “Ungkapnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.