FPP Sultra Laporkan Dugaan Ijazah Ilegal Cakades Meletumbo ke Polda

Kendari, Sultrapost.ID – Forum Pemerhati Pendidikan (FPP) Sultra, akhirnya melaporkan Saldin ke Polda Sultra, Senin 16 Desember 2019.

Saldin di laporkan lantaran diduga menggunakan Ijazah Ilegal untuk maju sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) di Desa Meletumbo, Kecamatan Kolono, Konsel.

Ketua FPP Sultra, Firman mengatakan, dari tiga calon yang maju bertarung pada Pilkades di Desa Meletumbo, satu di antaranya diduga menggunakan Ijazah Ilegal.

“Kami sudah laporkan ke Polda Sultra,” ungkapnya.

Kata dia, terdapat kejanggalan dalam Ijazah paket B yang di gunakan Saldin. Dimana ada perbedaan antara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mengeluarkan Ijazah tersebut dengan PKBM yang melakukan pengasahan.

“Ijazah-nya di keluarkan oleh PKBM Lagaligo, sedangkan yang sahkan itu PKBM Lagaligo I. Ini saja sudah beda,” ucapnya.

Belum lagi lanjutnya, alamat PKBM yang mengeluarkan Ijazah tersebut berbeda dengan PKBM yang mengesahkan.

“PKBM Lagaligo itu alamatnya di Desa Lalonggatu, sedangkan PKBM Lagaligo I berada di Desa Awuliti. Sudah PKBM-nya beda tempatnya juga berbeda,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, di salah satu media juga sudah pernah memuat keterangan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe, yang menegaskan jika Saldin tidak pernah terdaftar sebagai peserta ujian paket B, baik tahap I maupun II tahun 2008 lalu.

“Kedua PKBM itu kan berada di Kabupaten Konawe, nah Kadis Pendidikan sudah menegaskan jika Saldin tidak pernah terdaftar sebagai peserta ujian paket B,” lanjutnya.

Untuk itu pihaknya melaporkan Saldin ke Polda Sultra karena ia menduga Ijazah yang di gunakan Saldin untuk kepentingannya di Pilkades ilegal.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.