BannerDepan

FPt UHO Mengabdi, Sistem Pemeliharaan Kambing Kacang Di Buton

Peternakan, Sultrapost.Id – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program unggulan Kemenristekdikti yang diselenggarakan dalam rangka implementasi Tridarma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi; membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; serta meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).

Salah satu mitra kegiatan PKM pada tahun 2018 adalah Kelompok Ternak Potukotuko dan Kelompok Ternak Wamelai Desa Wajogu Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton.

Kelompok yang diketuai oleh Hazizi, S.Pt ini didirikan pada tahun 2012 dan beranggotakan 10 orang yang seluruh anggotanya adalah petani/peternak. Kegiatan usaha peternakan yang dijalankan berupa usaha penggemukan dan pembibitan kambing kacang.

Tim pengabdi Fakultas Peternakan (FPt) UHO yang terdiri dari La Ode Ba’a, Amiluddin Indi, Sri Rejeki, ini menitikberatkan kegiatan pengabdian pada sistem pemeliharaan dan peningkatan produktivitas ternak kambing kacang.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai bulan April sampai Agustus 2018 ini menerapkan sistem pemeliharaan sederhana agar mudah dipahami dan dimengerti masyarakat peternak kambing khususnya, serta peningkatan produktivitas ternak kambing kacang.

Melalui bimbingan teknis tentang bagaimana sistem pemeliharaan yang memenuhi standar kesehatan hewan, serta bimbingan teknis m engenai peningkatan produktivitas ternak kambing, dengan demikian setiap anggota kelompok mempunyai pengetahuan dan bisa bermanfaat untuk kelompok-kelompok ternak yang lain yang ada di Kabupaten Buton.

Kegiatan pengabdian ini disambut dengan antusias oleh seluruh anggota kelompok dan masyarakat ini dibuktikan dengan hadirnya seluruh anggota kelompok ternak sekitar karena memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan mengenai sistem pemeliharaan yang baik yang memenuhi standar kesehatan hewan serta peningkatan produktivitas ternak kambing. Melalui kegiatan ini, para peternak diharapkan dapat mengelola usaha peternakan yang dijalankan lebih baik lagi untuk menuju peningkatan kesejahteraan hidup peternak dan keluarga.

Penulis: Tim Pengabdi Fakultas Peternakan

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.