BannerDepan

Gakkum KLHK Diminta Segera Tindak Tegas Dirut PT KKU Terkait Pencemaran DAS

Kendari, Sultrapost.ID – Lingkar Kajian Kehutanan (LINK) meminta Gakkum KLHK wilayah Sulawesi segera menindak tegas Direktur Utama (Dirut) PT Karyatama Konawe Utara (KKU) atas dugaan pengrusakan lingkungan serta pencemaran.

Direktur LINK, Muh Andriansyah Husen mengatakan aktivitas perusahan tambang yang beroperasi di Kabupaten Konawe Utara (Konut) itu diduga telah melakukan pengrusakan lingkungan dan mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) Lalindu.

“Peta dan Kordinat yang kami tayangkan itu merupakan bukti kuat adanya dugaan aktivitas merusak lingkungan dan pencemaran DAS Lalindu di Konut,” ungkapnya, Kamis 28 Desember 2023.

Untuk itu kata mantan Ketua Mahasiswa Kehutanan se-Indonesia atau Sekjen Sylva, Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi sudah seharusnya memberikan penindakan terkait aktivitas rusaknya lingkungan dan tercemarnya Das Lalindu yang dilakukan PT KKU.

“Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi harus lebih jelih melihat kejadian ini, janganlah membuat kami ber spekulasi liar, tebang pilih dalam menindaki perusahaan,” ujarnya.

Lanjutnya, DAS Lalindu merupakan warisan peradaban masyarakat Konut, sehingga tidak bisa dicemari apalagi dirusak atas pertimbangan apapun.

“BNPB sudah menyampaikan bahwa kerusakan DAS salah satu pemicu utama penyebab bencana di Indonesia. Nah harapannya Gakkum KLHK wilayah Sulawesi bisa menindaki dan memproses Dirut PT KKU,” tutupnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.