BannerDepan

Gelar Aksi Jilid III, TAMALAKI Desak DPRD Kota Kendari Gunakan Hak Angket

Kendari, Sultrapost.ID – Taman Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Tolaki (TAMALAKI) Sultra, kembali menggelar aksi demonstrasi jilid III. Kali ini para demonstran mendatangi kantor DPRD Kota Kendari, Selasa 14 Mei 2019.

Massa mendesak DPRD segera memanggil Wali Kota Kendari, Sulkarnain dan menggelar rapat paripurna untuk menetapkan satu dari dua nama calon pengganti wakil wali kota kendari yang telah disepakati oleh tiga Partai koalisi.

Bahkan kata Jenlap, Songo dalam orasinya meminta DPRD menggunakan hak angketnya, jika Sulkarnain tak juga mengindahkan panggilan DPRD.

“Jika pada panggilan kedua Sulkarnain juga tidak mengindahkan panggilan tersebut, maka saya minta kepada DPRD menggunakan hak angketnya,” pintanya.

Ketua DPRD Kota Kendari, Syamsuddin Rahim

Sementara itu Ketua DPRD Kota Kendari, Syamsuddin Rahim yang ditemui usai menemui demostran mengatakan, pemilihan wakil wali kota sebenarnya dapat segera di laksanakan. Bahkan pihaknya telah membentuk Pansus terkait persoalan wakil wali kota.

“DPRD sebenarnya sudah siap, tinggal menunggu surat dari partai koalisi yang diteruskan oleh wali kota. Nah dalam surat itu yang dihasilkan ada dua nama yakni Siska dan Rahman Tawulo,” ungkapnya.

Lanjutnya, bahkan pihaknya telah menyurat ke Wali Kota agar segera meneruskan surat tersebut ke DPRD. Sehingga pemilihan wakil wali kota segera dilaksanakan.

“Bukan hanya DPRD saja yang meminta, dari perguruan tinggi, pengamat politik dan ombudsman juga sudah meminta termaksud masyarakat. Jadi memang semua elemen ini sudah meminta kepada wali kota supaya surat itu diteruskan,” ucapnya.

Sayangnya sampai saat ini, wali kota kendari tak kunjung menindak lanjuti surat usulan dari partai koalisi tersebut. Pihaknya berharap agar surat tersebut tidak berlama-lama di tangan wali kota.

“Karena ini sudah disetujui dan ditandatangani oleh tiga partai pengusung yakni PKB, PKS dan PAN. Dan itu sah secara hukum. Jadi pak wali kota jangan terlalu lama membiarkannya,” jelasnya.

Untuk itu DPRD Kota Kendari kembali melayangkan surat ke dua kepada wali kota untuk segera meneruskan surat pesungan dua nama calon pengganti wakil wali kota.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.