BannerDepan

Gerakan Masyarakat Konut Menggugat Gelar Aksi Protes ke Pemerintah dan PT Antam Mengenai Kesejahteraan

Konut, Sultrapost.ID – Ratusan massa dari Gerakan Masyarakat Konawe Utara Menggugat melakukan aksi demonstrasi di Kecamatan Molawe, Senin 4 September 2023.

Mereka memblokade Jalan menuju lokasi pertambangan di Blok Mandiodo serta Jalan Trans Sulawesi, sebagai bentuk protes mereka terhadap pemerintah dan PT Antam Tbk.

Korlap I, Sulaiman Alpamba mengatakan pihaknya menuntut kepastian nasib masyarakat lingkar tambang kepada pemerintah serta PT Antam pasca terhentinya aktivitas pertambangan di Blok Mandiodo, karena adanya kasus dugaan korupsi yang saat ini tengah di tangani oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

“Dugaan korupsi di Blok Mandiodo silahkan di proses dengan seadil-adilnya, namun jangan matikan mata pencaharian masyarakat,” ungkapnya.

Disebutkannya, pasca berhentinya aktifitas penambangan di Blok Mandiodo, ribuan masyarakat lingkar tambang kini kehilangan pekerjaan sehingga membuat kemiskinan merajalela.

“Semua ini adalah tugas negara, tugas pemerintah daerah untuk memberi kepastian hukum berusaha dan memastikan rakyatnya mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Hal senada juga di sampaikan Korlap II Muh Ikbal, kata dia, pemerintah sama sekali tidak peduli dengan kondisi masyarakat lingkar tambang yang kian memperihatinkan saat ini.

“Belum lagi pihak PT Antam sampai hari ini belum memberikan kepastian mengenai lapangan kerja baik kepada masyarakat maupun para pengusaha lokal. Sementara pemerintah justru diam dan tidak mengambil langkah-langkah dalam memperjuangkan nasib kami,” pungkasnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.