Geruduk Kantor DPMD Muna, FIPB Desak Transparansi Penggunaan DD di Desa Bangunsari

Muna, Sultrapoat.ID – Forum Ikatan Pemuda Bangunsari (FIPB) mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muna, Rabu 15 Januari 2020

Tujuan mereka untuk menindak lanjuti keluhan warga Desa Bangunsari, menyangkut pembangunan sarana kebutuhan masyarakat yang dianggap tidak transparan.

Pasalnya, papan informasi janis kegiatan yang terpasang di Balai Desa tidak secara rinci menginformasikan jenis kegiatan yang dilaksanakan.

Dengan dasar itu masyarakat Bangunsari meminta transparansi pihak desa dengan meminta diperlihatkan APBDes. Namun Ironisnya, ditolak oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) karena dianggap bukan kewenangan masyarakat.

“Aksi ini bagian dari aspriasi masyarakat desa Bangunsari, dalam pengawasan transparansi penggunaan dana desa,” kata Andika Ketua FIPB.

Karena itu, lanjut Andika, pihaknya menuntut agar pelaksanannya penyelenggaran DD di Bangunsari lebih transparan, terlebih lagi penggunaan DD terkait kebutuhan prioritas masyarakat.

Tak hanya itu, masa juga mempertanyakan kegiatan yang menggunakan anggaran DD begitu besar, namun selisih anggaran yang dikeluarkan tidak sepadan.

“Misalnya lampu jalan, dibuat sebanyak empat titik yang menelan anggaran Rp 18 juta rupiah. Kita sudah cek harga lampu beserta tiang dengan fondasinya, kisaran Rp 4 jutaan per unitnya. Saya kira kita sudah bisa lihat selisih anggaran yang dikeluarkan,” ungkapnya.

Masa aksi pun mendesak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk mencopot Plt. Kades Bangunsari karena dianggap tidak mampu mengkoordinir DD dan ADD.

“Belum lagi aparat desa sebagian besar keluarga Plt. Kades, untuk itu copot Plt. Kades Bangunsari,” cetusnya.

Menanggapi itu Kepala DPMD Kabupaten Muna, Rustam menyarankan untuk mempresur penyelenggaran DD Bangunsari agar melaporkan ke Inspektorat.

“Soal pengaduan teman-teman berkaitan dugaan pelanggaran keuangan baiknya di laporkan ke Inspektorat,” tandasnya.

Terkait pencopotan, dirinya saat ini untuk sementara menampung aspirasi warga desa Bangunsari untuk dievaluasi.

Laporan: Ison
Editor: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.