BannerDepan

Himapindo Sultra Nilai PT GKP Bakal Jadi Sentrum Ekonomi di Indonesia Timur

Kendari, Sultrapost.ID – Rencana pembangunan pabrik pemurnian nickel (Smelter) oleh PT Gema Kreasi Perdana (GKP) rupanya di anggap bisa menjadi sentrum ekonomi di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga Indonesia Timur.

Hal tersebut di ungkapkan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) KORWIL Sultra, Ahmad Zainul. Dijelaskannya, Sultra di kenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki produksi dan cadangan Nikel terbesar di Indonesia, dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah timur.

“Berdasarkan data BPS, pertumbuhan perekonomian wilayah timur seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua mengalami peningkatan ekonomi yang signifikan dari hanya sebesar 4,89 persen di 2017 menjadi 6,99 persen di tahun berikutnya. Nah dengan adanya kerja sama pertambangan di barengi komitmen pembangunan smelter oleh PT. GKP dan pemerintah daerah Konawe Kepulauan, itu bis menjadi mesin baru dalam mendokrak pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi,” ungkapnya, Rabu 6 Oktober 2021.

Dirinya sendiri menyebutkan bahwa upaya pembangunan Smelter sebagai amanat undang undang untuk mendorong upaya hilirisasi Dunia Pertambangan, bisa membawa Konawe Kepulauan menjadi Sentrum pembangunan Ekonomi Nasional khususnya Indonesia Timur .

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Konawe Kepulauan baru tertopang oleh konsumsi atau belanja pemerintah daerah ketimbang investasi maupun pembangunan infrastruktur.

“Pemda perlu membangun kerja sama yang kuat dan mengikat dengan Direksi PT GKP dalam upayanya meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerahnya. Konkep sendiri sebagai kabupaten dengan wilayah paling strategis, sebagai jalur pertambangan dapat berkembang pesat dan nantinya bisa menjadi sentrum perekonomian yang tentunya bisa membawa Kesejahteraan bagi masyarakat wawonii dan Sultra secara umum,” ucapnya.

Peran krusial pemuda dan mahasiswa khususnya mahasiswa Konkep tentunya di harapkan untuk terus melahirkan ide dan gagasan gemilang sebagai sosial control, agar kedepannya komitmen serta kerja sama pemerintah daerah dan P. GKP menjadi maksimal.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.