BannerDepan

Jawab Kebutuhan Petani, Pemdes Mapila Bangun Jembatan Dengan DD

Bombana, Sultrapost.id – Dalam menjawab kebutuhan para petani, Pemerintah Desa (Pemdes) Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Bombana membangun infrastruktur berupa jembatan sepanjang 180 meter dengan lebar dua meter dan tinggi dua meter.

Ketgam: Pembangunana Infrastruktur Jembatan yang sudah mencapai 90 persen

Jembatan yang dibangun awal tahun 2018 dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp 250 Juta tersebut, bahkan sudah mencapai 90 persen pekerjaannya.

Kepala Desa Mapila, Sudirman saat di konfirmasi mengatakan dengan adanya jembatan tersebut akses para petani semakin mudah. Selain itu juga hasil pertanian mereka akan semakin maksimal.

“Pembangunan jembatan tersebut adalah hasil rapat bersama seluruh masyarakat desa. Untuk itu dengan adanya jembatan itu, para petani dan peternak bisa mudah menuju ke lokasi pertanian dan mangangkut hasil-hasil pertaniannya,” ungkapnya.

Kata dia, awalnya masyarakat dan Pemdes berencana membangun jembatan kayu, namun dengan mempertimbangkan daya tahan ditambah lagi lokasi pembangunan yang tidak memungkinkan untuk menggunakan kayu, akhirnya mereka sepakat untuk membangun jembatan permanen tersebut, meski lantai jembatan masih menggunakan kayu.

“Sebelumnya kami rencanakan untuk membangun jembatan pake kayu saja, tapi setelah dipikir, jembatan kayu tidak akan bertahan lama mengingat lokasinya yang tidak mendukung, akhirnya kita permanenkan saja. Tapi untuk lantainya kita masih gunakan kayu kelas satu, hanya tiang dan gelagarnya kita cor,” rincinya.

Saat ini jembatan yang dikerjakan secara swakelola itu sudah mencapai 90 persen, dan saat ini memasuki proses finising.

“Dari bangunannya banyak orang mengatakan jika anggaranya sedikit. Tapi karena kami sendiri yang buat, saya yakinkan kalau anggaran pasti cukup dengan kualitas yang bagus. Nah sekarang pekerjaannya sudah 90 persen,” ucapnya.

Alumni mahasiswa kesahatan ini berharap, agar infrastruktur jembatan tersebut bisa diresmikan langsung oleh Bupati Bombana, H Tafdil. “September ini Bupati Bombana ada kegiatan di Kabaena. Tentu suatu kebanggan juga buat saya dan masyarakat Desa karena hasil kerja kami di desa bisa diresmikan oleh Bupati dan jajarannya,” harapnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.