Keciprat DAK Rp 106 M Tahun Ini, Dikbud Sultra Bakal Salurkan ke 85 SMK

Kendari, Sultrapost.ID – Tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra, keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih Rp 106 Miliar. Dana tata kelola tersebut akan di salurkan kepada 85 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Sultra, sebagai swakelola.

Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Provinsi Sultra, Asrun Lio saat di temui usai Rakor Senin 13 Mei 2019 mengatakan, pihaknya akan memberikan yang terbaik bagi SMK penerima DAK swakelola di tahun ini.

“Dengan suasana yang kemarin bahwa DAK SMK itu jelek di mata hukum. Nah tahun ini kami akan berikan yang terbaik bagi SMK. Kami memberikan contoh bahwa tata kelola DAK di SMK tidak sama seperti yang kemarin,” ungkapnya.

PPT DAK SMK Dikbud Sultra, La Ode Arfit Alusi menyebutkan ada 85 SMK di Sultra yang mendapat dana swakelola di tahun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan dan rehabilitasi.

“Untuk pembangunan itu terdiri dari ruang praktek siswa (RPS) laboratorium, ruang kelas belajar (RKB) dan jamban. Terus rehabilitasi itu, ada rehabilitasi jamban dan RKB,” jelasnya.

Kata dia, setiap SMK akan mendapatkan bantuan berbeda-beda, sesuai dengan jenis usulan masing-masing. Diman dana yang diberikan hanya dapat digunakan untuk satu jenis kegiatan.

“Jadi jenis bantuannya beda-beda. Misalnya SMK 1 Kalidupa, Kabupaten Wakatobi, dia mendapat bantuan RPS belum tentu dia mendapat jenis bantuan lain,” pungkasnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.