Ketua HML: Selama PT Tonia Bermanfaat Untuk Masyarakat, Kita Dukung

Bombana, Sultrapost.ID – Akhir akhir ini, PT Tonia Mitra sejahtera (TMS), perusahaan yang bergerak dibidang usaha pertambangan diwilayah kecamatan Kabaena Tengah ramai diberitakan, asumsi akan banyak dugaan masalah pun timbul satu persatu, meskipun pada hakikatnya itu hanya sebatas asumsi, belum bisa dipastikan kebenarannya.

Tidak sedikit komentar komentar miring datang menghampirinya melalui media, mulai dari soal sosialisasasi yang diduga tertutup hingga soal perekrutan tenaga kerja. Namun diharapkan apapun itu, hadirnya perusahaan diwilayah ini diharapkan dapat bermanfaat positif untuk masyarakat dan daerah.

Mendengar itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Lengora Samrin, pun ikut berbicara dan mengklarifikasi beberapa tanggapan miring itu. Menurutnya, selama PT TMS bermanfaat untuk masyarakat, maka wajib didukung dan membantu mereka berada diwilayah kecamatan Kabaena Tengah.

Samrin pun menegaskan, saat ini perusahaan belum melakukan penambangan, sehingga belum ada ukuran apakah perusahaan ini bermanfaat untuk masyarakat ataupun tidak.

”Infonya baru pembuatan jalan holing, belum ada aktivitas penambangan,” ungkapnya, Sabtu 15 Desember 2018.

Kemudian, lanjut Samrin, terkait sosialisasi, PT Tonia tidak melakukannya secara diam diam, sebab yang hadir saat itu ada unsur pemerintah, diantaranya camat Kabaena Tengah, pemerintah desa, masyarakat, bahkan pihak kepolisian pun ikut menyaksikan kegiatan sosialisasi itu.

“Jadi sebetulnya tidak ada yang diam diam, semuanya terang benderang, tidak ada yang tertutup,” ucapnya.

Untuk itu, Samrin mengajak kepada semua elemen, agar mendukung perusahaan selama punya manfaat baik kepada masyarakat banyak. Dan bagi oknum oknum yang selama ini mengeluarkan komentar negatif terhadap perusahaan, agar sebaiknya turun langsung ke masyarakat melihat apa yang telah terjadi, sebab sejauh ini berdasarkan informasi yang ia terima, semua berjalan normal dan tidak ada masalah.

“Kesepakatannya kan sudah ada saat sosialisasi, dan itu diterima, jadi mari kita bantu mereka (perusahaan). Beda halnya kalau itu tidak bermanfaat untuk masyarakat, maka menjadi kewajiban kita mempertanyakan itu,” tutur dia.

Ia pun kembali mengingatkan, bahwa yang berkaitan dengan kelengkapan dokumen perusahaan, biar menjadi urusan PT TMS.

“Dokumen ini bukan domain kita, biar PT Tonia yang berurusan. Kita hanya berada diwilayah kesejahteraan masyarakat, itu yang kita kawal,” tutupnya.

Dikutip di Penasultra.com, Humas PT. TMS Sabarudin, juga pernah mengklarifikasi terkait tudingan bahwa PT TMS menggarap kawasan hutan.

“Tidak ada kawasan hutan produksi yang digarap oleh PT Tonia. Coba kalian ke lokasi lihat langsung,” tantangnya.

Penulis: Erwin

Editor: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.