BannerDepan

Komando Sultra Desak Kementerian ESDM Tidak Menerbitkan RKAB PT MM

Kolut, Sultrapost.ID – Konsorsium Mahasiswa dan Pemuda Indonesia (Komando) meminta kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, tidak menerbitkan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) PT Mining Maju (MM).

Ketua Umum (Ketum) Komando, Alki Sanagri mengatakan alasan mengapa dirinya mendesak ESDM tidak menerbitkan RKAB, sebab sejak 2014 lalu, Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi PT MM telah di cabut oleh Bupati Kolaka. Itu tertuang dalam SK Bupati nomor 540/197 tahun 2014.

“Saat itu PT MM sudah menggugat ke PTUN tetapi ditolak, bahkan sampai kasasi di Mahkamah Agung (MA),” ungkapnya, Sabtu, 11 November 2023.

Lanjut Alki, tahun 2018 lalu Dirjen Minerba Kementerian ESDM melakukan rekonsiliasi IUP, dimana nama PT MM tidak ada dalam daftar. Namun anehnya, perusahaan tersebut tiba-tiba muncul dalam aplikasi Minerba One Data Indonesia (MODI) ESDM, dengan menggunakan IUP Operasi Produksi (OP).

“Anehkan. Sehingga kami duga telah dipalsukan atau dibuat back date. Karena tiba-tiba muncul di MODI sementara IUP Eksplorasinya telah dicabut pada tahun 2014,” ujarnya.

Untuk itu Alki mendesak Kementerian ESDM RI untuk tidak menerbitkan RKAB PT MM, karena adanya indikasi pemalsuan data.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.