BannerDepan

KPU Buton Tengah Bersama Pemda Gelar Rakor Pelaksanaan Pilkada

KEPTON, Sultrapost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama pemerintah daerah dalam hal ini SKPD, camat, kepala desa/lurah, pengurus partai, tokoh agama serta tokoh masyarakat se-kabupaten Buton Tengah, dan pihak kepolisian di balai pertemuan kecamatan Gu, selasa (30/8/2016). Rapat Koordinasi ini, untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholders dalam menyongsong Pilkada secara serentak di Tahun 2017.

Kegiatan ini nampak dihadiri pula berberapa narasumber yakni KPU Buton Tengah selaku pembuat kegiatan, Sekretaris Daerah, Hasimin, Kapolres Baubau, Kompol Totok Handoyo, serta Dinas Kependudukan dan Cataatan Sipil (Disdukcapil), Samsudin.

Ketua KPU Buton Tengah, Aminuddin mengatakan dalam sambutannya, pilkada buton tengah adalah milik kita semua, hingga kami berharap dan meminta kepada pihak-pihak terkait, mari bersama-sama untuk mensukseskan penyelenggaraan tahapan pilkada buton tengah kearah yang lebih baik dan sedini mungkin secara bersama-sama kita dapat memetakan masalah yang bisa muncul dalam tahapan penyelenggaraannya.

“Dalam tahapan pilkada ini, KPU Buton Tengah sekarang melaksanakan tahapan pemutahiran data pemilih, penting kiranya ditingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yakni Dukcapil bisa bekerja sama dalam hal sharing data kependudukan. Serta tak lupa pula, kami juga meminta kepada desa/lurah agar dapat membantu kami dalam mengambil peran, memfasilitasi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) nantinya”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah, Hasimin, juga mengatakan dengan penuh himbauan kepada masyarakat, PNS, SKPD, Lurah/Kepala Desa, Camat, dalam mengsukseskan pilkada Buton Tengah yang pertama ini agar tidak terlibat dalam politik praktis dan harus bertindak sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

“Atas nama Bupati Buton Tengah, Saya berterimakasih kepada KPU, karena hingga hari ini Pemerintah Daerah bersama KPU Buton Tengah bisa berjalan dengan baik. Saya juga menghimbau kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat menempatkan diri, serta para kepala desa dapat juga memposisikan diri, jangan melanggar Undang-Undang (UU) dalam moment pilkada ini”, himbau Hasimin.

Kapolres Bau-Bau, Kompol Totok Handoyo menambahkan saat memaparkan materinya, dalam persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah atau pilkada 2017 ini, pihak kami telah banyak menyiapkan persiapan pembagian personil kepolisian hingga pemetaan masalah.

“Pihak kami (Polres Baubau) telah membagi personil anggota kepolisian dalam mengawal jalannya pilkada tahun 2017 ini, karena diwilayah kepulauan buton, ada 3 daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah yakni kabupaten buton, kabupaten buton tengah dan kabupaten buton selatan. Tak lupa juga pihak kami, sedini mungkin memetakan potensi masalah yang bisa muncul dalam tahapan penyelenggaraan, sehingga kita bisa melakukan langkah preventif”, tambahnya,

Penulis : Dzabur

Terkait

Ruangan komen telah ditutup.