KPU Sultra Bakal Lanjutkan Fit & Proper Test Calon Angota KPUD Kolaka dan Koltim

Kendari, Sultrapost.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal melanjutkan kembali pelaksanaan Fit & Proper Test (Uji Kelayakan dan Kepatuhan) calon anggota KPUD Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur (Koltim) yang sebelumnya sempat tertunda karena adanya tanggapan masyarakat yang disampaikan ke KPU RI.

Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir mengatakan KPU Sultra diperintahkan untuk melaksanakan kembali proses seleksi calon angota KPUD di dua kabupaten tersebut, berdasarkan surat perintah KPU RI nomor 289/PP.06-SD/05/KPU/II/2019 dan Surat Nomor 300/PP.06-SD/05/KPU/II/2019 tentang Pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPU.

“Surat perintah tersebut sejalan dengan ketentuan pasal 28 ayat (2) PKPU Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan ketiga atas PKPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang Seleksi anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, bahwa KPU RI dapat menugaskan kepada KPU Provinsi untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU Kabupaten/Kota,” jelasnya, Selasa 19 Februari 2019.

Dijelaskannya, surat perintah tersebut keluar setelah Tim Verifikasi permasalahan seleksi calon anggota KPUD kedua daerah itu, yang beranggotakan 2 orang dari Inspektur Jenderal, 1 orang dari Biro SDM dan 1 orang lagi dari Biro Hukum usai melakukan verifikasi atas laporan masyarakat terkait seleksi kedua daerah tersebut dan hasilnya telah dilaporkan kepada KPU RI.

Lanjutnya, pelaksanaan proses seleksi itu rencananya akan dilaksanakan pada Jumat 22 Februari 2019. Dimana langkah yang akan dilakukan KPU Sultra yakni melakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap nama calon anggota KPUD di dua Kabupaten yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatuta.

“Ini untuk memastikan bahwa calon bukan anggota partai politik, bukan pengurus partai politik, bukan calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, bukan tim kampanye pemilihan kepala daerah atau wakil kepala daerah dan bukan tim kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden melalui SILON, SIPOL dan sumber data lainnya, serta memastikan pemenuhan persyaratan administrasi lainnya,” ungkapnya.

Dilanjutian dengan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan. Dan setelah itu menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan paling lambat tgl 23 Februari 2019.

Berikut daftar nama anggota yang mengikuti Uji kelayakan dan Kepatutan calon anggota KPUD di dua Kabupaten tersenut, periode 2019 – 2024.

Untuk Kabupaten Kolaka, berjumlah 10 orang yakni, Abd. Rahman, SH, Ir. Abu Bakar, Kamal Baddu, M. Fadly, SH, Muhammad Sabil YZ, A.Ma, Muliana, S.Pd, Nur Ali, S.Pd.I, Nurhidayat R.,S.Pd, Rusdi, S.Ag, Yuliaswati Abdullah, S.Sos.

Sedangkan Kabupaten Koltim yaikni, Alfero, S.Kom.,ME, Anhar, S.Sos.,M.Si, Ashari Malaka, S.Sos, Asri Alam Andi Baso, SH, H. Heri Iskandar, SE, Hakpri, S.IP, Murhum Halik, S.TP, Salim, SE, Suprihaty Prawati Negtias, SP.,MP dan Sutomo, S.Pd.,M.Pd.

Laporan: Aidil.

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.