BannerDepan

KPUD Bombana Tetapkan DCT Parpol Peserta Pemilu 2019

Bombana, Sultrapost.id – Seluruh Calon Legislatif (Caleg) yang di daftarkan oleh Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang ada di Kabupaten Bombana, kini resmi berkompetisi dalam perhelatan Pilcaleg mendatang.

Para kontestan pilcaleg yang ada di lima Daerah Pemilihan (Dapil) ini telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana, melalui rapat pleno penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), Kamis 20 September 2018.

Ketua KPUD Bombana, Aminudin yang dikonfirmasi menyebutkan, dari 15 parpol yang ada, terdapat perubahan daftar nama caleg yang sebelumnya telah ditetapkan pada pleno Daftar Calon Sementara (DCS), di salah satu Parpol yakni Partai Demokrat.

“Hanya partai Demokrat saja yang merubah daftar nama calegnya. Itu pun hanya 1 nama saja yaitu Riska Saputri, dari dapil 1 Kecamatan Rumbia dan di gantikan oleh Fitriani Jupri,” jelasnya.

Kata dia, caleg tersebut memundurkan diri setelah penetapan DCS kemarin. Sehingga Demokrat terpaksa melakukan pergantian caleg, agar dapat memenuhi persyaratan tentang keterwakilan gender sebanyak 30 persen.

“Sebelum DCT, Riska ini memundurkan diri dan kami sudah menerima surat pemunduran dirinya dari Demokrat. Sesuai regulasinya, jika dalam satu dapil, caleg dari Parpol tersebut tidak memenuhi 30 persen keterwakilan gender maka akan di diskualifikasi,” ucapnya.

Lanjutnya, setelah tahapan pleno penetapan DCT, para kontestan tersebut kini tinggal mempersiapkan diri untuk tahapan kampanye pada tanggal 23 September nanti. Untuk itu ia berharap agar dalam kampanye nantinya, seluruh caleg parpol peserta pemilu dapat memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat.

“Harapan saya kampanye para caleg itu bernilai positif. Memberikan edukasi, mengajak masyarakat untuk tidak golput, tidak saling menjelek-jelekan sesama caleg lainnya dan yang paling penting adalah melawan hoax,” tutupnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.