Kurangi Dampak Resiko Bencana Alam, BPBD Muna Gelar Sosialisasi Kepada Siswa

Muna, Sultrapost.ID – Dalam upaya mengurangi dampak resiko bencana alam yang terjadi, BPBD Muna menggelar sosialisasi, Kamis19 Desmber 2019.

Kegiatan rutinitas tahunan yang bertujuan untuk menanamkan budaya siaga bencana ini menyasar siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Seluruh undangan dari perwakilan bebrbagai sekolah hadir dan menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini rutinitas tiap tahunnya dilaksanakan dan Alhamdulillah disambut baik para siswa,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Muna, La Ode Ikbar Rifai.

Kata pria yang akrab di sapa Dodi itu, sosialisasi ini juga bagian dari upaya menanamkan budaya siaga bencana bagi para pelajar yang nantinya dapat mengantisipasi resiko bencana alam yang terjadi.

Pihaknya menyasar para pelajar karena lebih efektif dan lebih muda menerima bimbingan. Bahkan dapat membantu menyebar luaskan informasi yang diberikan baik kepada rekan-rekannya maupun dilingkungan keluarganya.

Pihaknya akan lebih insentif dalam mensosialisasikan pengurangan resiko bencana alam dan penanggulangannya baik itu kepada masyarakat maupun kepada para siswa.

“Lewat sosialisasi, sedini mungkin kita dapat mencegah ataupun mengurangi resiko bencana alam yang terjadi, terlebih pada para siswa” sebutnya

Usai kegiatan sosialisasi dibuka, para siswa juga diberikan pendidikan teori terkait pemahaman bencana alam dan cara-cara penganggulangannya oleh pemateri dari BPBD Provinsi, Sulsina Pedato, S.IP, M.Si.

Ia pun merasa terkesan cara berpikir para siswa di Muna. Saat memberikan materi ia menganggap para peserta cepat tanggap. Buktinya ketika diberikan pertanyaan sontak para siswa menjawab dengan benar.

“Memang di Muna itu SDMnya bagus-bagus,” tandas wanita yang kerab disapa Cia itu.

“Semoga materinya dapat bermanfaat,”tambahnya

Laporan: Ison
Editor: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.