BannerDepan

Lestarikan Budaya Muna, Dinas Dikbud Gelar Festival Budaya

Muna, Sultrapost.ID – Guna melestarikan dan meningkatkan nilai nilai budaya di kabupaten Muna, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Muna menggelar Festival Budaya yang menghadirkan kegiatan adat ‘Karia’ dan ‘Katoba’ di Kompleks Rumah Adat Lambu Bhalano Kota Raha, Kamis, 27 Desember 2018.

Dalam kegiatan ini, diikuti peserta dari perwakilan 22 kecamatan yang ada dikabupaten Muna. Dimana untuk adat Karia, satu orang perempuan muda yang menuju dewasa mewakili perkecamatan. Sedangkan adat Katoba masing masing kecamatan diwakili sepasang perempuan dan laki laki.

Kepala Dinas Dikbud Ashar Dulu menerangkan, bahwa kegiatan ini tidak terlepas dari fisi misi Pemerintah Daerah (Pemda) Muna dalam melestarikan dan meningkatkan nilai nilai budaya yang berdaya saing dan bermartabat.

“Ini bentuk keseriusan Pemda untuk melestarikan budaya Muna,” cetusnya.

Lanjut Ashar menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebagai mana proses yang sesungguhnya.

“Para peserta harus diberikan nilai budaya untuk menjadi sandaran hidup sehingga menjadi manusia yg berbudaya dan bermartabat,” terangnya

Ia berharap, kegiatan ini mampu mengangkat nilai nilai budaya sehingga bisa bermanifestasi menuju masyarakat Muna yang bermartabat.

Penulis: Ison

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.