BannerDepan

Mabes Polri Didesak Tindak PT RJL dan ACI Atas Dugaan Pelanggaran Pertambangan

 

Kendari, Sultrapost.ID – Korps Pemuda dan Mahasiswa Indonesia (KOMANDO) Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta kepada Mabes Polri untuk menindak tegas aktivitas penambangan PT Riota Jaya Lestari (RJL) dan PT Aura Cruiserindo (ACI) di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Presidium KOMANDO Sultra, Alki Sanagri mengatakan kedua perusahaan tersebut diduga melakukan pelanggaran serius dalam melaksanakan aktivitas pertambangan.

“Saat ini PT RJL diduga melakukan pelanggaran serius namun tidak tersentuh hukum. Contohnya, penunjukan PT ACI sebagai join operasional (JO) yang diduga kuat tidak sesuai mekanisme seperti yang ada dalam Permen ESDM RI Nomor 5 Tahun 2021 tentang Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP),” ungkapnya, Selasa 18 Oktober 2022.

Parahnya lagi kata Alki, meski diketahui tidak memenuhi syarat sebagai JO, PT RJL membiarkan PT ACI terus melakukan aktivitasnya.

“PT. Aci leluasa menambang di lahan PT. RJL padahal tidak memenuhi syarat. Mungkin karena ada hubungan kekeluargaan antara pimpinan PT. ACI dan PT. RJL,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain pelanggaran tersebut, kedua perusahaan itu juga bekerja sama melakukan dugaan penyerobotan lahan warga.

Untuk itu, alumni Hukum Unsultra itu mendesak agar Mabes Polri dan kementrian ESDM segera melakukan penindakan terhadap perusahaan tersebut

“Kami desak Mabes Polri dan kementrian ESDM untuk segera mengambil langakah dan memberi sanksi. Dalam waktu dekat kami juga akan melakukan demontrasi dan melaporkan secara resmi PT. RJL dan PT. ACI,” tutupnya.

Laporan : Aidil

Anda mungkin juga berminat
Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.