Melalui Bimtek, TP-PPK Bombana Yakin Perempuan Mampu Kembangkan UMKM

Bombana, Sultrapost.id – Dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bombana, keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Mengah (UMKM) adalah salah satu sektor yang dapat mempengaruhi.

Akan tetapi dalam mengembangkan UMKM dibutuhkan kecerdasan, keterampilan, tekun, ulet, teliti, serta luwes. Sosok perempuan dipercaya memiliki kemampuan tersebut. Untuk itulah Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bombana membekali perempuan melalui Bimtek peran perempuan dalam pengembangan UMKM.

Bimtek yang dilaksanakan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), mulai Rabu 28 November hingga 1 Desember 2018 itu, dibuka oleh Ketua TP-PKK Bombana, Andi Nirwana S dan dihadiri oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia serta diikuti oleh 40 peserta

“Bimtek ini diikuti oleh beberapa forum perempuan di Bombana, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan/Desa, Darma Wanita, Persatuan Istri-istri Anggota, Dewan (Piswan), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Dekranasda,” ungkapnya.

Srikandi cantik yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Bombana itu, menjelaskan alasan Bimtek tersebut dilaksanakan di Kabupaten Malang. Karena menerutnya, selain memiliki banyak UMKM yang sangat berkembang, Malang juga memiliki pemandangan yang asri yang membuat hati sangat sejuk. Dengan harapan para peserta dapat menerapkan lingkungan indah dilingkungan masing-masing didaerahnya.

“Selama perjalanan dari Malang kita tidak merasakan capek padahal jarak tampunya sangat jauh, kenapa itu karena sepanjang jalan itu kita dikelilingi taman yang indah. Saya mau pulang di Bombana ini hrus diikuti tidak usah sama yang penting menyerupai, olehnya kenapa saya wajibkan satu kecamatan satu RTH karena berdampak positif untuk daerah kita,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Andi Nirwana S, yang juga Ketua Dekranasda Bombana berharap agar Bimtek yang diikuti selama empat hari tersebut dapat diikuti dengan baik dan fokus, agar Bimtek yang diikuti jauh-jauh ke Malang dapat membuahkan hasil bila sampai di daerahnya. Dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan di wilayah masing-masing karena Bimtek tersebut sangat baik untuk peningkatan kesejahtraan.

“Harus serius ikuti Bimtek, jangan main-main karena akan sangat rugi bila ilmu ini tidak dimanfaatkan dengan baik, “harapnya.

Salah satu pemateri dari BPSDM Kemendagri, Dra. Hartini sangat mengapresiasi minat forum wanita Bombana dalam pengembangan UMKM, dimana diketahui 2050 kedepan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berkembang hal tersebut ditambah dengan akan banyak pelaku usaha baik itu lokal maupun dari luar Negeri. Olehnya itu hingga saat ini harus menyiapkan diri agar dapat bersaing dimasa depan dalam bentuk kemandirian.

“Ketua TP PKK Bombana yang memotori kegiatan Bimtek ini, telah memprediksi Indonesia dimasa depan, dimana hingga kini harus memahami dan menguasai UMKM. Karena bila UMKM telah dikuasai oleh setiap wanita, dimana wanita adala penggerak ekonomi keluarga maka wanita Bombana nanti saya yakin bisa menyambut masa depan yang baik,” pungkasnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.