Melalui Pemilu RUN, KPU Provinsi Sultra Sosialisasikan Hari Pemungutan Suara Pemilu 2019

 

Kendari, Sultrapost.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sultra, semakin gencar mensosialisasikan hari pemungutan suara pada Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

Setelah sebelumnya menggunakan mobil tronton, kali ini KPU Sultra bersama KPUD Kota Kendari sosialisasikan hari pemungutan suara melalui Pemilu RUN. Kegiatan yang berlangsung di pelataran MTQ Kendari, Minggu 7 April 2019 itu dihadiri unsur penyelenggara, Forkopimda Sultra, Walikota Kendari, Kapolres Kota Kendari, Bawaslu, Pemantau Pemilu dan kelompok-kelompok Masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk diseluruh KPU Kab/Kota Se Sulawesi Tenggara.

Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir dalam sambutanny usai membuka acara secara resmi mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak mulai dari KPU RI, KPU Provinsi hingga KPUD Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

“Tanggal 7 April ini, kegiatan Pemilu RUN dilaksanakan secata serentak. Ini merupakan kebijakan dari KPU RI melalui surat 276/PP.08-SD/06/KPU/II/2019 tanggal 14 Februari 2019,” katanya.

Dalam surat tersebut kata dia, KPU RI menghimbau kepada KPU Provinsi serta KPUD Kabupaten dan Kota agar dalam penyelenggaraan Pemilu RUN yang dilaksanakan serentak, wajib mensosialisasikan terkait pentingnya pemilu, cek DPT, hari dan tanggal pemungutan suara, pengenalan peserta pemilu, tata cara memilih, jenis surat suara, cara memerangi Hoaks, dan ajakan anti golput kepada masyarakat.

“Untuk itu hari ini kami bersama KPUD Kota Kendari dalam Pemilu RUN mensosialisasikan item-item sosialisasi tersebut melalui pendirian stand Relawan Demokrasi di tempat kegiatan, yang isinya memuat seluruh informasi kepemiluan baik berbentuk mading dan bahan sosialisasi,” ungkapnya.

Selain mendirikan stand informasi, lanjutnya, pihaknya juga tidak henti-hentinya mengajak seluruh masyarakat yang mengikuti kegiatan Pemilu RUN, untuk tidak golput dan berbondong-bondong ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak pilihnya pada hari Rabu, 17 April 2019.

Ditempat yang sama, sekretaris KPU Provinsi Sultra Syafruddin mengungkapkan, kegiatan sosialisasi melalui Pemilu RUN, hanya salah satu metode yang digunakan untuk mendekatkan Informasi tentang Pemilu 2019 kepada masyarakat khususnya kalangan pemilih pemula. Yang diharapkan dapat berdampak positif pada upaya peningkatan partisipasi masyarakat di Pemilu 2019 nantinya.

“Ragam acara Pemilu RUN yang kita laksanakan ini, selain di isi dengan sosialisasi pemilu juga di rangkaikan dengan lari bersama yang dilepas oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Rutenya mengitari areal Ex MTQ kemudian senam zumba, DJ performance dan pengundian door prize kepada peserta,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat harus mengetahui bahwa Pemilu adalah pesta demokrasi, sehingga layaknya sebuah pesta Pemilu 17 April 2019 harus disambut dengan riang gembira, tanpa terhasut oleh ujaran kebencian dan hoaks.

“Alhamdulilah hari ini target kami tercapai, kurang lebih 1500 orang hadir mengikuti kegiatan ini, bahkan berdasarkan pantauan kami kelompok disabilitas juga turut hadir bersama kita. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan gelaran Pemilu RUN,” pungkasnya.

Laporan: Aidil

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.