Mentan SYL Lepas Ekspor Pertanian Gorontalo

Gorontalo, Sultrapost.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Gorontalo, Rabu (5/2). Pelepasan yang juga dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ini memiliki potensi ekspor yang cukup luas.

Adapun komoditas yang diekspor antara lain berupa tepung kelapa, briket arang tempurung, dan kopra putih. Ekspor tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Provinsi Gorontalo berpotensi menyumbang ekonomi negara yang cukup besar.

“Oleh karena itu besok akan kita mapping. Artinya semua yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan. Ini bukti bahwa Gorontalo memiliki potensi dan dapat mengembangkan ekonomi lewat ekspor,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil.

Untuk tepung kelapa akan diekspor sebesar 6.500 ton dengan nilai 106 miliyar untuk $2020. Tepung kelapa tersebut diekspor ke China, Taiwan, Hamburg, Roterdam, Rusia, Polandia, dan Afrika.

Kemudian briket arang tempurung yang diekspor sebanyak 38 ton dengan nilai 576 miliar dengan negara tujuan Jeddah, Arab Saudi. Selanjutnya Kopra putih 600 ton dengan nilai 8,400 miliar.

Ali Jamil berharap supaya permohonan ekspor barang bisa diterbitkan di Gorontalo agar semua nilai tersebut bisa keluar lewat Gorontalo. Ia pun berharap Mentan Syahrul bisa memberikan arahan kepada semua pihak teruma kantor bea dan cukai.

Sebagai informasi, ekspor ini sesuai dengan program Mentan Syahrul terkait Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks). Program ini menargetkan lompatan nilai ekspor dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

Laporan: Rilis Kementan RI

Anda mungkin juga berminat

Tulis Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.